EFEKTIVITAS TEKNIK REFRAMING BERBASIS ISLAM UNTUK MEREDUKSI PERILAKU VANDALISME SISWA Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Sragen

Muhamad Alif Maulana, NIM.: 22200011019 (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK REFRAMING BERBASIS ISLAM UNTUK MEREDUKSI PERILAKU VANDALISME SISWA Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Sragen. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS TEKNIK REFRAMING BERBASIS ISLAM UNTUK MEREDUKSI PERILAKU VANDALISME SISWA Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Sragen)
22200011019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS TEKNIK REFRAMING BERBASIS ISLAM UNTUK MEREDUKSI PERILAKU VANDALISME SISWA Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Sragen)
22200011019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku vandalisme di kalangan siswa sekolah menengah menjadi permasalahan yang perlu ditangani secara serius. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik reframing berbasis Islam dalam mereduksi perilaku vandalisme pada siswa kelas VII MTs Negeri 3 Sragen. Metode yang digunakan adalah studi eksperimen dengan desain pre-test post-test control group. Sampel terdiri dari 24 siswa yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat perilaku vandalisme pada hasil pre-test yang kemudian dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan berupa intervensi teknik reframing berbasis Islam, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan apapun. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku vandalisme yang sebelumnya telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji beda dan penghitungan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan signifikan pada skor perilaku vandalisme pada kelompok eksperimen setelah diberikan intervensi dengan teknik reframing berbasis Islam, sementara itu tidak terdapat perubahan yang signifikan pada kelompok kontrol. Nilai rata-rata yang didapatkan dari pengukuran N-Gain Score pada penelitian ini adalah 57,37 yang termasuk pada kategori “Cukup Efektif”. Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik reframing berbasis Islam cukup efektif dalam mereduksi perilaku vandalisme pada siswa MTs Negeri 3 Sragen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Reframing Berbasis Islam; vandalisme; pre-test; post-test
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Sep 2024 14:50
Last Modified: 24 Sep 2024 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum