TRADISI TAHLIL PITUNG LEKSAN DI DUSUN PLOSOKUNING, DESA MINOMARTANI, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, SAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Indah Nur Hasanah, NIM.: 01120639 (2008) TRADISI TAHLIL PITUNG LEKSAN DI DUSUN PLOSOKUNING, DESA MINOMARTANI, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, SAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI TAHLIL PITUNG LEKSAN DI DUSUN PLOSOKUNING, DESA MINOMARTANI, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, SAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
01120639_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (TRADISI TAHLIL PITUNG LEKSAN DI DUSUN PLOSOKUNING, DESA MINOMARTANI, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, SAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
01120639_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Upacara sesaji telah lama menjadi simbol hubungan antara manusia dengan Yang Maha Esa, yang juga mencerminkan interaksi manusia dengan alam semesta sebagai bagian dari kebudayaan. Keyakinan terhadap kekuatan gaib dan rob yang berakar sejak zaman prasejarah, dipengaruhi oleh pandangan sederhana masyarakat serta kondisi alam yang mendukung. Tradisi tahlil pitung leksan, yang berkembang di Dusun Plosokuning, Desa Minomartani, Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan warisan para ulama Nahdlatul Ulama yang pertama kali diperkenalkan sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui dzikir. Penelitian ini menggabungkan metode Field dan Library Research dengan wawancara dan pengamatan di lapangan, serta penelusuran literatur. Tradisi tahlil pitung leksan masih dipraktikkan oleh masyarakat Plosokuning sebagai bentuk permohonan ampunan, kesembuhan, dan keselamatan. Tradisi ini juga dianggap sebagai warisan yang harus dilestarikan, dengan keyakinan bahwa tahlil tersebut dapat memperlancar proses penyembuhan atau memberikan kemudahan saat sakaratul maut, serta meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Tradisi ini memiliki makna mendalam dalam kehidupan spiritual dan sosial masyarakat Dusun Plosokuning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Soraya Adnani M.Si
Uncontrolled Keywords: Tradisi Masyarakat, Tahlil Pitung Leksan, Kebudayaan Masyarakat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 306.409 598 2 Budaya dan kebudayaan - Jawa
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Sep 2024 11:18
Last Modified: 27 Sep 2024 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum