Muhammad Zikri, NIM.: 21200012004 (2024) PENERAPAN DAN HASIL YANG DICAPAI ATAS INTEGRASI KURIKULUM MERDEKA DAN INTERNATIONAL PRIMARY CURRICULUM TERHADAP SISWA STUDI PADA SEKOLAH DASAR CAHAYA BANGSA UTAMA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENERAPAN DAN HASIL YANG DICAPAI ATAS INTEGRASI KURIKULUM MERDEKA DAN INTERNATIONAL PRIMARY CURRICULUM TERHADAP SISWA STUDI PADA SEKOLAH DASAR CAHAYA BANGSA UTAMA YOGYAKARTA)
21200012004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
Text (PENERAPAN DAN HASIL YANG DICAPAI ATAS INTEGRASI KURIKULUM MERDEKA DAN INTERNATIONAL PRIMARY CURRICULUM TERHADAP SISWA STUDI PADA SEKOLAH DASAR CAHAYA BANGSA UTAMA YOGYAKARTA)
21200012004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Riset ini berangkat atas temuan awal mengenai kurang maksimalnya implementasi kurikulum di Indonesia, riset ini dilaksanakan di SD Cahaya Bangsa Utama Yogyakarta karena sekolah tersebut menerapkan integrasi Kurikulum Merdeka dan International Primary Curriculum, sehingga penelitian ini merumuskan pertanyaan penelitian mengapa sekolah tersebut mengintegrasikan kurikulum, bagaimana kurikulum tersebut diimplementasikan, dan bagaimana hasil dari implementasi tersebut bagi peserta didiknya. Riset menggunakan jenis data kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, data dianalisis menggunakan teknik Mills & Huberman. Adapun, keabsahan data penelitian ini menerapkan triangulasi teknik. Alasan SD Cahaya Bangsa Utama Yogyakarta mengintegrasikan kurikulum dikarenakan Sekolah Nasional Plus dan pengintegrasian kurikulum menggunakan model integrated dan webbed. Tujuannya ingin membekali peserta didiknya dengan wawasan luar dan dalam negeri untuk menghadapi persaingan global yang semakin kompleks melalui pengembangan penuh dari potensi yang dimiliki peserta didiknya. Implementasi integrasi kurikulum memiliki perbedaan pada proses pembelajaran. IPC memiliki unit of work yang terstruktur dikenal dengan cycle of IPC dan penggunaan Bahasa Inggris. Kemudian, kurikulum Merdeka ditekankan pada pembelajaran inti seperti Bahasa Indonesia, Muatan Lokal, dan PPKN. Sedangkan, International Primary Curriculum lebih kepada pembelajaran Arts, Math, Geography, History dan Science. Hasil implementasi integrasi kurikulum dapat mengembangkan aspek kognitif, afektif, psikomotorik, serta pendalaman moral keagamaan peserta didik. Peserta didik juga lebih aktif, berwawasan global, memiliki kepekaan sosial tinggi, dan memiliki moral yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nurjannah, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Integrasi Kurikulum, Hasil Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Kurikulum International Primary |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 09:56 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 09:56 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67321 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |