Nunung Hariani, NIM.: 03450454 (2008) STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM LAPANGAN DAN LABORATURIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SUB POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SEMESTER I MTSN WONOKROMO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM LAPANGAN DAN LABORATURIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SUB POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SEMESTER I MTSN WONOKROMO YOGYAKARTA)
03450454_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
|
|
Text (STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM LAPANGAN DAN LABORATURIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SUB POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SEMESTER I MTSN WONOKROMO YOGYAKARTA)
03450454_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar tugas guru tidak hanya memberi pengetahuan, melainkan menyiapkan situasi yang dapat menggiring siwa untuk aktif mengamati, mengadakan eksperimen, dan dapat menemukan fakta serta konsep sendiri, salah satunya adalah pemanfaatan lingkungan (lapangan). Metode praktikum laboratorium adalah suatu cara penyajian materi pelajaran sains biologi dimana siswa secara aktif mengalami dan membuktikan sendiri tentang apa yang dipelajarinya. Madrasah Tsanawiyah Wonokromo sudah menerapkan pembelajaran yang variatif tetapi masih jarang melakukan pembelajaran laboratorium. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran praktikum lapangan lebih efeektif untuk digunakan dalam pembelajaran biologi dengan sub pokok bahasan gerak pada tumbuhan serta untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan pembelajaran metode praktikum lapangan dan laboratotium. Desain penelitian yang digunakan adalah postes control group termasuk dalam quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel ditentukan secara random dengan teknik undian. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa praktikum lapangan dan laboratorium tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar sains Biologi. Sedangkan tanggapan siswa kelas VIII A terhadap pembelajaran metode ini adalah positif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. H.Suhardi,M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Metode Praktikum Lapangan, Laboratorium, Pembelajaran Biologi |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
| Depositing User: | Asri Yuna Chasanawati |
| Date Deposited: | 14 Oct 2024 08:20 |
| Last Modified: | 14 Oct 2024 08:20 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67334 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
