AL LUGHAH AL 'ARABIYAH WA ISTI'MALUHA AL DIN WA AL IJTIMA'I WAL IQTIMA'I WA AL IQTISHADI (Dirasah Wasfiyyah)

Nurwidi Prihatma, NIM.: 00110319 (2005) AL LUGHAH AL 'ARABIYAH WA ISTI'MALUHA AL DIN WA AL IJTIMA'I WAL IQTIMA'I WA AL IQTISHADI (Dirasah Wasfiyyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL LUGHAH AL 'ARABIYAH WA ISTI'MALUHA AL DIN WA AL IJTIMA'I WAL IQTIMA'I WA AL IQTISHADI (Dirasah Wasfiyyah))
00110319_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (AL LUGHAH AL 'ARABIYAH WA ISTI'MALUHA AL DIN WA AL IJTIMA'I WAL IQTIMA'I WA AL IQTISHADI (Dirasah Wasfiyyah))
00110319_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai satu dari bahasa intemas'ional, bahasa Arab secara historis dan sosiologjs menarik penulis untuk: menttkajinya lebih lanjut, tidak hanya bahasa itu menjadi media disampaikannya wahyu Ilahi berupa kitab suci Al-Qur'an. akan tetapi karena bahasa Arab juga memiliki keistimewaan yang menjadikan bahasa itu secara nyata mengalami ekspansi di beberapa segi oleh faktor..:.faktor sosial, politik, ekonomi maupun budaya. Bahasa Arab senantiasa diasosiasikan dengan Islam yang menyebar ke seluruh dunia. Selain bangsa Arab yang berbahasa Arab itu sendiri, bangsa-bangsa di daerah sekitamya yaitu kawasan dunia Arab, di antaranya orang­ orang minoritas non-Muslim, minoritas Muslim non-Arab, bahasa kedua mereka adalah bahasa Arab. Orang-orang yang telah mempunyai dan mempertahankan bahasa etnis dan bahasa nasional mereka sendiri pun dalam mengadopsi Islam banyak meminjam kata/ istilah dari bahasa Arab. Di sepanjang masa kejayaan peradahan Islam, bahasa .¼ab merupakan bahasa perhubungan pada scbuah kerajaan bcsar Islam dan mcnjadi bahasa pengajaran dalam kancah ilmiah. Para sarjana Muslim, sejarawan, teolog, filosuf, ilmuwan serta intelektual banyak menuliskan karya-karya mereka dalam bahasa Arab. Sehingga dapat kita katakan bahwa bahasa Arab tidak hanya sebagai bahasa ibadah ritual formal dalam Islam saja, tetapi juga menjadi bahasa bcrbagai wacana ilmu pengetahuan dan bidang kehidupan yang dipelajari, dipakai dan dikaji oleh lintas bangsa dan agama. Peradaban yang di dalamnya terrnasuk aktifitas ekonomi, tentu membutuhkan­ sarana komunikasi yang memadai agar dapat berjalan lancar. Aktifitas ekon0mi tidak lepas dari aktifitas berbahasa, yang dalam hal ini memakai bahasa Arab sebagai sarana komunikasi yang sangat diperlukan dan penting artinya. Dari fakta empiris ini, penulis ingin mencari dan memahami lebih lanjut dengan mendeskripsikan seberapa b nyak fungsi sosial bahasa Arab secara historis dipakai dalam komunikasi verbal transaksi sosial ekonomi sebagai bagian dari peradaban umat manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdul Syakur . M.A
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; Historis; Sosiologis
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 02 Oct 2024 10:06
Last Modified: 02 Oct 2024 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67460

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum