MAFHUM KALIMAT ' AL ISLAM " FI MUJTAMI' AL 'ARAB AL JAHILIY WA AL MUJTAMI' AL ISLAMIY : Dirasah Dalalah Tarikhiyyah

Al Asri Akbar, NIM.: 00110341 (2005) MAFHUM KALIMAT ' AL ISLAM " FI MUJTAMI' AL 'ARAB AL JAHILIY WA AL MUJTAMI' AL ISLAMIY : Dirasah Dalalah Tarikhiyyah. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAFHUM KALIMAT ' AL ISLAM " FI MUJTAMI' AL 'ARAB AL JAHILIY WA AL MUJTAMI' AL ISLAMIY : Dirasah Dalalah Tarikhiyyah)
00110341_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (MAFHUM KALIMAT ' AL ISLAM " FI MUJTAMI' AL 'ARAB AL JAHILIY WA AL MUJTAMI' AL ISLAMIY : Dirasah Dalalah Tarikhiyyah)
00110341_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Hampir sebagian besar kosakata dan istilah-istilah bahasa Arab, terutama yang termaktub dan tersebar dalam ayat-ayat al-Qur'an, sesungguhnya telah ada dan cukup dikenal dalam kehidupan masyarakat Arab pra-lslam Qahiliyah). Untaian-untaian syair pada masajahiliyah sudah cukup membuktikan akan hal itu. Kerasulan Muhammad SAW dengan konsep-konsep barunya (Islam) hanyalah satu mata rantai dari rangkaian panjang sejarah perkembangan konsep dan pemberian makna terhadap kosakata-kosakata tersebut. Oleh karena itu, Islam hadir diantaranya meluruskan dan mengembangkan kembali konsepsi yang terjadi dalam alam pemikiran jahiliyah pada waktu itu. Namun begitu, tulisan ini tentunya tidak bermaksud mengulas doktrin-doktrin lslami tentang konsep dan istilah-istilah tersebut. Salah satu istilah penting yang cukup dikenal oleh masyarakat Arab pra­ lslam (jahiliyah) adalah kata "al-Islam", ini terlihat banyaknya term "al-Islam" digunakan dalam literatur sastra (syair-syair) Arab jahiliyah. Hanya saja ada pemaknaan yang berbeda dalam memahami term "al-lslam" pada masa Arab jahiliyah dengan masa Islam Pada masa Arab jahiliyah istilah al-Islam hanya dimaknai secara harfiyahnya saja, yakni "ketundukan" atau "kepatuhan", Setelah diutusnya nabi Muhammad saw, istilah Islam dimaknai dengan pemahaman yang lebih tinggi dan mengacu kepada suatu agama yang dibawa oleh beliau. lstilah ini pun dinisbatkan pada suatu komunitas yang mengikuti ajaran Muhammad yang terbingkai oleh suatu tatanan nilai-nilai llahiyah. Dari sinilah penyusun tertarik melakukan penelitian melalui skripsi ini. Adapun beberapa pokok permasalahan yang telah dirumuskan dalam pembahasan skripsi ini, melalui pendekatan semantik-diakronik, penulis mengulas lebih lanjut tentang konsep kata "al-Islam, yakni dari masa Arab pra-lslam hingga masa Islam, kemudian dijelaskan pula kata yang semakna dengan makna Islam, pada masa jahiliyah yaitu kata "al-Hilm".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Hisyam Zaini, M.A
Uncontrolled Keywords: Konsep Kata; Al Islam; Masa Jahiliyah; Masa Islam
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 02 Oct 2024 11:30
Last Modified: 02 Oct 2024 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum