AL-IJAS LILUGHAT AL-I’LAN AL MAUJUDAH FI AL-MAJALAH 'AHLAN WA SHLAN' AL ‘ADAD AL SABI’ – Al SANAH AL THALATHAH ‘ASHRAH ZULQAIDAH – ZULHIJAH 1409 - JULI 1989

Mardi, NIM.: 98112207 (2005) AL-IJAS LILUGHAT AL-I’LAN AL MAUJUDAH FI AL-MAJALAH 'AHLAN WA SHLAN' AL ‘ADAD AL SABI’ – Al SANAH AL THALATHAH ‘ASHRAH ZULQAIDAH – ZULHIJAH 1409 - JULI 1989. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-IJAS LILUGHAT AL-I’LAN AL MAUJUDAH FI AL-MAJALAH 'AHLAN WA SHLAN' AL ‘ADAD AL SABI’ – Al SANAH AL THALATHAH ‘ASHRAH ZULQAIDAH – ZULHIJAH 1409 - JULI 1989)
98112207_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (AL-IJAS LILUGHAT AL-I’LAN AL MAUJUDAH FI AL-MAJALAH 'AHLAN WA SHLAN' AL ‘ADAD AL SABI’ – Al SANAH AL THALATHAH ‘ASHRAH ZULQAIDAH – ZULHIJAH 1409 - JULI 1989)
98112207_BAB II sampai BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Objek kajian skripsi ini adalah "Al-Ijas Lilughat Al-'lklan Fi Al-Majalah 'Ahlan wa Sahlan' No. 7 Th. 13 Juli 1989. Kedua obyek tersebut memiliki persamaan dalam menggunakan bahasa dan gaya bahasa. Bahasa mempunyai peran yg sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan bahasa manusia dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Iklan adalah salah satu media yang tidak terlepas dari menggunakan bahasa, baik lisan maupun tulisan, yang dapat kita saksikan dalam media elektronik maupun media cetak. Tujuan iklan itu sendiri adalah untuk mempengaruhi atau menarik perhatian dari konsumen (baik pembeli ataupun pembaca) terhadap produk yang diiklankan. Untuk itulah dalam sistem kerja iklan, ia harus memilih dan menggunakan bahasa sebaik dan semenarik mungkin. Sebab bila iklan menggunakan bahasa yang tidak baik ataupun tidak menarik, sudah dapat ditebak kemana arah iklan tersebut. Iklan tidak akan dibaca, dilihat apalagi untuk mempengaruhi khalayak ramai. Begitu pulalah halnya dengan bahasa yang ada dalam iklan majalah 'Ahlan wa Sahlan'. Di samping sebagai penunjang keberlangsungan ·majalah, iklan yang terdapat dalam majalah tersebut menggunakan gaya bahasa yg sangat menarik, singkat dan dapat dimengerti oleh pembaca. Dalam penelitian ini, untuk mengetahui keindahan dan kedalam bahasa iklan majalah 'Ahlan wa Sahlan' penulis menggunakan metode pendekatan ilmu Balaghah, yakni Ijaz. Sebab pendekatan ini menurut penulis sangat cocok untuk mengetahui bagaimana bahasa yg djgunakan dalam bahasa iklan tersebut. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa antara Ijaz dan dan iklan adalah sama-sam atau masing-masing menggunakan bahasa yang singkat akan tetapi memliki banyak makna. Artinya setiap bahasa yg digunakannya membutuhkan berbagai macam penafsiran untuk memahaminya. Hanya saja iklan ditujukan untuk mempengaruhi pembaca atau pemirsa sedangkan Ijaz untuk untuk mengetahui kedalaman bahasa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Bachrum Bunyamin, MA
Uncontrolled Keywords: bahasa iklan; ijaz; majalah
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Oct 2024 11:32
Last Modified: 02 Oct 2024 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum