MA'NA KALIMAH ALLAH INDA MUJTAMI' AL 'ARAB AL JAHILI WA AL MUJTAMI' AL ISLAMIY: Dirasah Dalalah Diakroniyyah

Mohammad Kholil, NIM.: 00110351 (2005) MA'NA KALIMAH ALLAH INDA MUJTAMI' AL 'ARAB AL JAHILI WA AL MUJTAMI' AL ISLAMIY: Dirasah Dalalah Diakroniyyah. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MA'NA KALIMAH ALLAH INDA MUJTAMI' AL 'ARAB AL JAHILI WA AL MUJTAMI' AL ISLAMIY: Dirasah Dalalah Diakroniyyah)
00110351_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MA'NA KALIMAH ALLAH INDA MUJTAMI' AL 'ARAB AL JAHILI WA AL MUJTAMI' AL ISLAMIY: Dirasah Dalalah Diakroniyyah)
00110351_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kata "Allah" merupakan salah satu kosakata yang telah cukup lama dikenal dan lazim dikalangan masyarakat Arab jauh sebelum munculnya Islam. Dalam tinjauan semantik - diakronik, kata "Allah" --sebagaimana "kata" pada umumnya-­ dilihat sebagai suatu fenomena atau tanda bahasa ( signe linguistique) yang mengacu pada referent tertentu di mana dalam beberapa kurun atau periode sejarah perjalanannya, kata tersebut tidak mustahil mengalami berbagai macam varian ( pergeseran atau perkembangan ) baik dalam segi "bentuk kata" maupun "muatan makna"nya. Melalui pendekatan semantik - diakronik, dalam skripsi ini penulis berupaya mengkaji perkembangan makna atau konsep kata "Allah" tersebut sejak masa Arab pra - Islam ( Arab jahily ) hingga masa munculnya Islam berikut penjelasan tentang asal - usul, pembentukan, dan perkembangan kata "Allah" serta perbedaannya dengan kata "Ilah". Dalam skripsi ini penulis juga memaparkan tentang 'makna dasar' ( makna lughawie ) dan 'makna istilah' ( makna relasional ) sebagai sebuah cara kerja atau teknik kajian semantik - diakronik di dalam tujuannya mengkaji berbagai fenomena perkembangan suatu kata maupun makna sebagaimana yang terjadi pada kata dan makna "Allah".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sutaryo
Uncontrolled Keywords: Makna kata; Allah; Semantik ; Diakronik
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 02 Oct 2024 11:47
Last Modified: 02 Oct 2024 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum