HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR RANAH AFEKTIF SISWA MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Khafid, NIM.: 98413865 (2004) HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR RANAH AFEKTIF SISWA MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR RANAH AFEKTIF SISWA MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
98413865_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR RANAH AFEKTIF SISWA MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
98413865_BAB II sampai BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antara kedisiplinan belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan prestasi belajar ranah afektif siswa di MTs Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedisiplinan belajar menjadi salah satu faktor kunci dalam meningkatkan hasil pendidikan, terutama dalam ranah afektif yang mencakup sikap, nilai, dan perilaku siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Kedisiplinao belajar PAI berada pada kategori sedang. Hal ini ditunjukkan denga., persentase angka sebesar 40 % atau pada nilai rata-rata 1.35, sehingga berdasarkan angka tersebut kecenderungannya sudah berada pada kategori sedang. Kecenderungan tersebut mencerminkan tingkat kedisiplinan siswa dalam belajar PAI di MTs Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta relatif belum menunjukkan tingkat disiplin belajar yang tinggi. 2. Prestasi belajar ranah afektif siswa MTs Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berada pada kategori linggi. Hal ini ditunjukkan dengan persentase angka sebesar 50 % atau pada nilai rata­rata 4.075, sehingga berdasarkan angka tersebut kecendernngannya sudah berada pada kategori tinggi. Kecenderngan tersebut menggambarkan bahwa prestasi belajar ranah afektif siswa relatif fr1ggi dan hat itu merupakan prestasi yang cukup tinggi (maksimal). 3. Terdapat hubungan positifyang signifikan antara Kedisiplinan Belajar PAI (X) dengan Prestasi Belajar Ranah Afektif Siswa MTs Laboratorium akultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suwadi, S.AG.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan belajar; prestasi belajar; PAI
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2024 10:01
Last Modified: 04 Oct 2024 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum