STUDI TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM PGTKI DALAM MEWUJUDKAN PROFESIONALISME GURU TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DI PGTKI BINA INSAN MULIA YOGYAKARTA

Siti Fatini, NIM.: 98414007 (2004) STUDI TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM PGTKI DALAM MEWUJUDKAN PROFESIONALISME GURU TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DI PGTKI BINA INSAN MULIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM PGTKI DALAM MEWUJUDKAN PROFESIONALISME GURU TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DI PGTKI BINA INSAN MULIA YOGYAKARTA)
98414007_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM PGTKI DALAM MEWUJUDKAN PROFESIONALISME GURU TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DI PGTKI BINA INSAN MULIA YOGYAKARTA)
98414007_BAB II sampai BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang akan membahas mengenai pelaksanaan kurikulum yang dilaksanakan di PGTKI Bina Insan Mulia Yogyakarta dalam rangka mewujudkan profesionalisme guru taman kanak kanak Islam, faktor-faktor yang mempengaruhinya dan hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan itu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1). Pelaksanaan kurikulum PGTKI Bina lnsan Mulia Yogyakarta adalah keseluruhan dari susunan program pengajaran yang memuat sejumlah mata kuliah dengan penjatahan waktu yang telah ditetapkan pada setiap kelas. Dosen dalam kegiatan belajar mengajar hanya sebagai fasilitator dan mediator. Mahasiswa dididik untuk mandiri, dan diberi kebebasan untuk berkreativitas. 2). Pelaksanaan Kurikulum di perguruan tinggi, kususnya di PGTKI Bina lnsan Mulia Yot,l)'akarta, dosen mempunyai otoritas keilmuan yang tinggi, artinya dosen mempunyai kewenangan yang luas dalam hal merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi mata kuliahnya sendiri. Dimana metode eksperimen lebih sering digunakan karena materi yang ada 70% adalah materi praktek dan hanya 30% teori. 3). Faktor pendukung_yang_berpengaruh besar dalam pelaksanaan kurikulum di PGTKI Bina Insan Mulia yaitu: kesempatan kerja yang banyak, antusiasnya mahasiswa dalam program keguruan, materi dan metode yang bervariasi serta hubungan yang erat antara mahasiswa dan dosen. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain ruang kuliah yang kurang nyaman, banyaknya dosen tidak tetap, letak kampus yang kurang strategi_s dan sarana prasarana serta fasilitas yang kurang memadai. 4). Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan kurikulum di PGTKI Bina lnsan Mulia Yogyakarta dapat dilihat pada lndek Prestasi Kumulatif mahasiswa dan para lulusannya. Berdasarkan lndek Prestasi Kumulatif, prestasi mahasiswa PGTKI Bina lnsan Mulia sangat memuaskan, hat ini menunjukkan kerjasama yang baik dari semua pihak yang bertangfillng_ jawab baik pimpinan maupun staff pengajar serta ketekunan dan keseriusan mahasiswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kurikulum; PGTKI Bina Insan Mulia; profesionalisme guru; program pengajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2024 10:46
Last Modified: 04 Oct 2024 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum