Siti Halimah, NIM.: 98423922 (2003) STUDI PENERAPAN METODE TARJAMAH DI MADRASAH SALAFIYAH III PP. AL-MUNAWWIR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STUDI PENERAPAN METODE TARJAMAH DI MADRASAH SALAFIYAH III PP. AL-MUNAWWIR)
98423922_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (19MB) | Preview |
|
![]() |
Text (STUDI PENERAPAN METODE TARJAMAH DI MADRASAH SALAFIYAH III PP. AL-MUNAWWIR)
98423922_BAB II sampai BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya penguasaan bahasa asing termasuk di dalamnya bahasa Arab sebagai alat penerjemahan suatu karya atau buku-buku berbahasa Arab mengundang para praktisi bahasa Arab untuk mengkaji kembali metode tarjamah yang telah diterapkan oleh ulama terdahulu dalam memahami dan mendalami Islam melalui Al-qur’an dan hadits serta cabang-cabangnya untuk diterapkan lagi dalam suatu lembaga pendidikan yang mengambil bidang atau kajian tarjamah bahasa Arab-Indonesia maupun sebalik.nya. Metode tarjamah, yang berfokus pada penerjemahan teks-teks klasik, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, terutama dalam konteks pembelajaran bahasa Arab dan ilmu keislaman. Penelitian ini menggunakan metode analaisis kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi; wawancara, kuesioner (angket), dokumentasi dan tes. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Penerapan metode tarjamah di Madrasah Salafiyah III PP. Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta telah dilaksanakan sesuai dengan yang diprinsipkan oleh metode tarjamah, walaupun belum maksimal dan belum bisa secara konsisten menerapkan metode tarjamah karena masih banyaknya problem atau faktor penghambat yang dimiliki siswa. 2. Problematika yang dihadapi siswa dalam penerapan metode tarjamah adalah pada kurangnya siswa menguasai kaidah-kaidah penerjemahan bahasa Arab dan j uga kurangnya siswa memperhatikan bahasa yang biasanya dipakai oleh orang Arab, sehingga siswa sering menemui problem ketika hams menerjemahkan kalimat Arab yang berkaitan dengan problematika linguistik dan non linguistik. 3. Faktor yang mendukung terlaksananya penerapan metode tarjamah bahasa Arab di Madrasah Salafiyah Ill PP. Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta adalah adanya motivasi dan minat siswa untuk mempelajari tarjamah bahasa Arab. Sedangkan faktor yang menghambat adalah minimnya pengetahuan siswa tentang bahasa Arab dari tingkat sebelumnya, adanya persepsi siswa bahwa bahasa Arab itu sulit, kurangnya antusias siswa terhadap tugas-tugas yang diberikan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: drs. Ahzab Muttaqin, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab; metode tarjamah ; lembaga pendidikan |
Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 11:06 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 11:06 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67594 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |