PERAN TAFSIR AL-AZHAR DAN AL-MISHBAH DALAM IMPLEMENTASI PRAKTIK QUR’ANIC PARENTING PADA SURAH LUQMAN AYAT 12-19 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA GADAMER

Muhammad Adnan Prabowo, NIM.: 22205031027 (2024) PERAN TAFSIR AL-AZHAR DAN AL-MISHBAH DALAM IMPLEMENTASI PRAKTIK QUR’ANIC PARENTING PADA SURAH LUQMAN AYAT 12-19 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA GADAMER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN TAFSIR AL-AZHAR DAN AL-MISHBAH DALAM IMPLEMENTASI PRAKTIK QUR’ANIC PARENTING PADA SURAH LUQMAN AYAT 12-19 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA GADAMER)
22205031027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN TAFSIR AL-AZHAR DAN AL-MISHBAH DALAM IMPLEMENTASI PRAKTIK QUR’ANIC PARENTING PADA SURAH LUQMAN AYAT 12-19 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA GADAMER)
22205031027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana parenting dapat diterapkan dengan baik bersandar kepada nilai-nilai pola asuh anak yang ada di dalam Al-Qur’an. Dalam hal ini penulis menggunakan Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Al-Misbah (Perspektif Hermenutika Gadamer) dalam menggali dan menemukan bagaimana parenting (pola asuh anak) yang terdapat pada Qs. Luqman ayat 12-19 yakni nasihat atau wasiat hikmah Luqmanul Hakim kepada anak-anaknya agar kelak tumbuh dan besar menjadi insan yang saleh dan sempurna. Penelitian ini mengusung pendekatan kualitatif kepustakaan dengan mengeksplorasi referensi dari literatur bacaan yang ada keterkaitannya dengan tema penelitian, yakni berupa karya tulis dan lain sebagainya. Adapun hasil Penelitian menunjukkan bahwa Quraish Shihab dan Hamka memasukkan Konsep Qur’anic Parenting dalam kanon penekanan Islam pada aspek moralitas. Pertama, nilai keteladanan untuk senantiasa ibadaha kepada Allah dana bersyukur atas nikmat-Nya. Kedua, nilai nasihat untuk senantiasa berbakti kepada kedua orangtua dengan selalu ingat akan jasa-jasanya. Ketiga, nilai pembiasaan dalam hal penekanan akidah dan akhlaq. Akidah dalam hal istiqomah menjalanjan perintah dan larangannya serta konsisten dalam mempertahankan akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Parenting, Tafsir Al-Azhar, Tafsir Al-Misbah, Hermenutika Gadamer
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2024 10:46
Last Modified: 11 Oct 2024 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum