Muhamad Regik Surya Firdaus, NIM.: 19105010070 (2024) KITAB TA’LIM al-MUTA’ALLIM (Perspektif Eksistensialisme Jean Paul Sartre). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KITAB TA’LIM al-MUTA’ALLIM (Perspektif Eksistensialisme Jean Paul Sartre))
19105010070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (KITAB TA’LIM al-MUTA’ALLIM (Perspektif Eksistensialisme Jean Paul Sartre))
19105010070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam diskursus etika muncul ketika manusia merasa bebas. Etika mempelajari prinsip-prinsip moral yang membatasi kebebasan berperilaku dan berfungsi sebagai panduan standar perilaku. Dalam belajar dan mengajar, etika diperlukan untuk proses pengetahuan dan pembentukan karakter. Di antara refrensi etika pembelajaran yang menjadi rujukan di kalangan masyarakat pembelajar di Indonesia adalah kitab “Ta’lim alMuta’allim” karya Imam Zarnuji. Kitab ini membahas etika belajar-mengajar dan bagaimana kesadaran diri menjadi energy kekuatan pengembangan diri ke depan. Persoalannya, apakah kitab ini membatasi kebebasan pembelajaran atau sebaliknya? Dengan atau tanpa prinsip kebebasan dan kesadaran diri ini bisa ditelaah dari perspektif eksistensialisme Sartre. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memahami realitas subjektif dengan pendekatan induktif. Peneliti mengeksplorasi data dengan objektif untuk mendalami perspektif yang terkandung di dalamnya. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis dan mengurai pemikiran eksistensialisme Jean Paul Sartre secara sistematis, memudahkan pemahaman konsep yang kompleks. Analisis isi dipakai untuk mengidentifikasi karakteristik dan makna dalam teks, sementara metode interpretasi digunakan untuk menafsirkan data dan menghasilkan pemikiran baru, berdasarkan bukti-bukti objektif yang relevan dengan eksistensialisme Sartre dalam konteks kitab Ta’lim al-Muta’allim. Menurut perspektif Sartre dalam "Ta’lim al-Muta’allim", terdapat prinsip kebebasan dan tanggung jawab manusia. Setiap tindakan pelajar dalam mencari pengetahuan memiliki kesadaran yang tidak dipengaruhi lingkungan eksternal. Tanggung jawab sebagai etika atau akhlak dapat membentuk karakter melalui pilihan individu dari sarana yang disediakan oleh Imam Zarnuji. Hal tersebut memungkinkan individu mencapai makna dan tujuan hidup mereka. Kebebasan diperoleh melalui esensi otonomi manusia dan penolakan untuk tunduk pada kesetiaan atau pengabdian, memungkinkan pelajar mengembangkan pengetahuan dengan kebebasan yang menjadi eksistensinya. Sartre dan Imam Zarnuji memiliki pendekatan yang berbeda terhadap kebebasan. Sartre fokus pada kebebasan individu, sementara Imam Zarnuji menekankan tanggung jawab sosial. Meskipun berbeda, keduanya memberikan wawasan tentang kesadaran manusia dan kontribusi kepada masyarakat. Dalam kebebasan metafisik, keduanya menekankan kebebasan individu, tetapi tujuannya berbeda: untuk ketaatan kepada Tuhan menurut Imam Zarnuji dan eksistensi autentik yang independen. Namun, dalam kebebasan etis, keduanya setuju bahwa kebebasan dalam belajar penting. Pendidikan harus menguatkan sisi eksistensialisme manusia, menurut Sartre. Dalam konteks pembelajaran keislaman, sebagaimana tercermin dalam Ta’lim al-Muta’allim, tidak ada pembatasan kebebasan bagi pembelajar untuk menentukan pilihan subjek kajian, pola pembalajaran, dan visi-misi pembelajaran selama bisa dipertanggunng jawabkan, ada alasan yang logis-rasional dan landasan sesuai dengan ajaran dan prinsip keyakinan teologis-nya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Prof. Dr. H. Zuhri, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Ta’lim al-Muta’allim; etika; eksistensialisme; Imam Zarnuji |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 08:57 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 08:57 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67825 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |