AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN: RESEPSI TENAGA MEDIS TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DI RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL

Ikhda Mar’atul Khusna, NIM.: 22205035016 (2024) AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN: RESEPSI TENAGA MEDIS TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DI RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN: RESEPSI TENAGA MEDIS TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DI RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL)
22205035016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN: RESEPSI TENAGA MEDIS TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DI RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL)
22205035016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Adanya pengobatan dengan terapi al-Qur’an telah banyak diterapkan di berbagai tempat pengobatan non medis dan dapat diterima masyarakat sebagai salah satu cara dalam melakukan pengobatan atas sakitnya. Seiring berkembangnya zaman, metode pengobatan dengan terapi pengobatan al-Qur’an diterapkan juga di RS Nur Hidayah Bantul sebagai metode pengobatan komplementer (pelengkap) dalam proses penyembuhan pasien. Bentuk tindakan ternyata ini dapat diterima oleh tenaga medis di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul yang notabene keilmuannya adalah sains medis. Meskipun demikian, pengobatan yang dilakukan di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul tetap menggunakan pengobatan medis sebagai fokus pengobatan utama. Hal ini kemudian menjadi dasar ketertarikan penulis untuk melakukan penelitian lebih lanjut karena Rumah Sakit biasanya hanya melakukan pengobatan medis dan tidak melakukan pengobatan dengan metode lainnya terhadap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap resepsi tenaga medis di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul yang memiliki latar belakang keilmuan sains medis terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang digunakan sebagai media pengobatan komplementer (pelengkap) dalam menyembuhkan pasien. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data utama yaitu tenaga medis yang menjabat sebagai dokter dan perawat serta terapis ruqyah di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Objek formal dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teori resepsi Sam D Gill yang menerapkan teori fungsi informatif dan peformatif dalam memahami teks. Hasil analisis penelitian menunjukkan beberapa temuan di antaranya yaitu tenaga medis di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul meresepsi bahwa ayat-ayat al-Qur’an yang digunakan sebagai salah satu metode pengobatan diyakini sebagai syifa’ (penyembuh) untuk semua penyakit baik medis maupun non medis disamping sebagai kitab suci umat Islam yang dijadikan sebagai pedoman hidup. Terapi dengan ayat-ayat al-Qur’an di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul terhadap pengobatan fisik memberikan dampak yang positif. Di antara dampak positif tersebut adalah pasien memperoleh ketenangan batin, merasakan kekurangan dari rasa sakit yang diderita, serta menambah proses percepatan atau akselerasi untuk mencapai kesembuhan. Kemudian fenomena pengobatan dengan terapi al-Qur’an di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul juga menunjukkan upaya integrasi antara ilmu agama dan ilmu kesehatan dengan pandangan bahwa kesehatan jasmani tidak terpisah dengan kesehatan rohani sekaligus sebagai bentuk tendensi teologis yang mempengaruhi tenaga medis dalam penerimaan al-Qur’an sebagai salah satu media pengobatan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Saifuddin Zuhri Qudsy, S.Th.I., MA
Uncontrolled Keywords: Resepsi Tenaga Medis, Terapi Bacaan Al-Qur’an, Ruqyah
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.122 Quran, Al-Qur'an, Alquran
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2024 16:18
Last Modified: 18 Oct 2024 16:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67839

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum