Moch. Muslih, NIM.: 97423611 (2003) KESULITAN METODE TERJEMAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN TANJUNGANOM NGANJUK JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KESULITAN METODE TERJEMAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN TANJUNGANOM NGANJUK JAWA TIMUR)
97423611_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (17MB) | Preview |
|
|
Text (KESULITAN METODE TERJEMAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN TANJUNGANOM NGANJUK JAWA TIMUR)
97423611_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul "Kesulitan Metode Terjemah dalam Pengajaran Bahasa Arab di MTsN Tanjunganom Nganjuk, Jawa Timur". Latar belakang penelitian ini menyoroti hubungan erat antara metode pengajaran dan pencapaian tujuan pendidikan, khususnya dalam pengajaran bahasa Arab. Di MTsN Tanjunganom, tujuan kurikuler adalah agar siswa dapat menguasai perbendaharaan kosa kata bahasa Arab untuk komunikasi dan memahami literatur Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: 1) Kesulitan yang dihadapi guru dalam menerapkan metode terjemah, 2) Dampak kesulitan komponen pengajaran, khususnya metode terjemah, terhadap keberhasilan proses belajar mengajar, dan 3) Faktor-faktor yang mendukung serta menghambat penggunaan metode tersebut. Metode penelitian yang digunakan meliputi pemilihan subyek dengan teknik random sampling, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket, serta analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi guru terkait dengan penyampaian makna gramatika dan pelaksanaan metode terjemah. Siswa mengalami kesulitan linguistik dan non-linguistik, yang diperparah oleh perbedaan bahasa yang dikuasai sebelumnya dan latar belakang siswa yang kurang mendukung. Faktor pendukung metode ini meliputi lingkungan belajar yang positif dan motivasi dari kepala sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas pengajaran bahasa Arab di madrasah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Ahmad Rodli, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Metode Terjemah, Pengajaran Bahasa Arab, Kesulitan Linguistik |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S3) |
| Depositing User: | Asri Yuna Chasanawati |
| Date Deposited: | 28 Oct 2024 13:31 |
| Last Modified: | 28 Oct 2024 13:31 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67848 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
