Mudrikatun Ni’mah, NIM.: 20105040022 (2024) DAMPAK E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SANTRI PP AL-MUNAWWIR KRAPYAK KOMPLEK R2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (DAMPAK E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SANTRI PP AL-MUNAWWIR KRAPYAK KOMPLEK R2 YOGYAKARTA)
20105040022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (DAMPAK E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SANTRI PP AL-MUNAWWIR KRAPYAK KOMPLEK R2 YOGYAKARTA)
20105040022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kemudahan akses e-commerce telah menyebabkan perubahan signifikan dalam perilaku konsumen dari belanja offline ke online, seringkali tanpa mempertimbangkan kebutuhan yang sebenarnya. Fenomena ini juga mempengaruhi santri di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Komplek R2 Yogyakarta yang dikenal dengan nilai-nilai kesederhanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komoditas e-commerce yang dikonsumsi santri dan menganalisis hubungan antara e-commerce dan perilaku konsumtif mereka menggunakan teori Konsumerisme Jean Baudrillard. Penelitian ini menggunakan mix methode melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, Santri menjadi pengguna aktif e-commerce seperti Shopee dan TikTok Shop karena pengaruh iklan, harga yang relatif murah, tren, dan gaya hidup. Kurangnya kontrol diri serta pengaruh lingkungan pada akhirnya menjerat santri berperilaku konsumtif. Kedua, Kecanduan belanja dan sikap boros juga menyebabkan santri dengan segala keterbatasan fasilitaas sering membuang barang meskipun masih layak pakai. Disisi lain, adanya fitur bayar nanti atau paylater membuat santri ketergantungan belanja tanpa mempertimbangkan risikonya, hal ini bertentangan dengan nilai-nilai di pesantren karena memicu terjadinya pembelian impulsif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Hikmalisa, S.Sos., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | E-commerce; Perilaku Konsumtif; Santri |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 306.6 Sosiologi - Agama |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 13:14 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 13:14 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67869 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |