STUDI PERBANDINGAN KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAHALIYAH GBPP TAHUN 1984 DAN 1994 (Telaah Kritis Metode dan Materi)

Luluk Maswibah, NIM.: 99424500 (2003) STUDI PERBANDINGAN KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAHALIYAH GBPP TAHUN 1984 DAN 1994 (Telaah Kritis Metode dan Materi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PERBANDINGAN KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAHALIYAH GBPP TAHUN 1984 DAN 1994 (Telaah Kritis Metode dan Materi))
3. 9424500_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (STUDI PERBANDINGAN KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAHALIYAH GBPP TAHUN 1984 DAN 1994 (Telaah Kritis Metode dan Materi))
3. 99424500_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rancangan nilai, pengetahuan dan ketrampilan yang harus ditransfer kepada peserta didik dan bagaimana proses transfer tersebut dapat dilaksanakan. Dengan berpedoman pada kurikulum, interaksi pendidikan antara guru dan siswa dapat berlangsung dengan baik. lnteraksi ini tidak berlangsung dalam ruang hampa melainkan selalu terjadi dalam lingkungan tertentu yang mencakup antara lain lingkungan fisik, sosial-budaya, ekonomi, politik dan agama. Dan keberhasilan pelaksanaan kurikulum ditentukan pula oleh mutu garu, kemampuan siswa, partisipasi orang tua dan masyarakat serta kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola kurikulum. Dengan demikian kesatuan pendapat dalam melaksanakan kurikulum akan menentukan pula kualitas atau mutu dari sistem Pendidikan Penelitian ini membahas tentang bagaimana pogram pengajaran kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah tahun serta membandingkannya. Penelitian ini adalah penelitian Pustaka (library research) yaitu penelitian yang menggunakan buku-buku, majalah, dan lain-lain yang berkaitan dengan pembahasan pengembangan kurikulum. Kesimpulan penelitian ini adalah : Program pengajaran kurikulum bahasa Arab Madrasah Aliyah yang merupakan kelanjutan pengembangan pengajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah ini memiliki fungsi ganda sebagai bahasa ilmu , pengetahuan maupun alat komunikasi. Dalam kurikulum 1984 metode yang digunakan adalah metode langsung (Direct method), Kurikulum 1994 metode yang digunakan adalah metode campuran (£elected method). ldealisasi yang dijadikan target dalam kurikulum yang satu (1984) berbeda dengan kurikulum yang lainnya (1994). Baik dari segi metode dan materinya, meskipun buku yang dipakai buah karya dari pengarang yang sama yakni Drs. H.D Hidayat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing : Drs. H.A.Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kurikulum; Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Dra Irhamny - pustakawan
Date Deposited: 17 Oct 2024 09:27
Last Modified: 17 Oct 2024 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum