Rachmi Tursina Idvia Mazaya, NIM.: 20105050098 (2024) ANALISIS METODOLOGI DAN RELEVANSI KITAB JAWAMI’ AL- KALIM DAN AL- MUQTATOFAT MIN JAMIʿ KALIMIHI (STUDI KOMPARASI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS METODOLOGI DAN RELEVANSI KITAB JAWĀMI’ AL- KALIM DAN AL- MUQTAṬOFĀT MIN JĀMIʿ KALIMIHI (STUDI KOMPARASI))
20105050098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (ANALISIS METODOLOGI DAN RELEVANSI KITAB JAWĀMI’ AL- KALIM DAN AL- MUQTAṬOFĀT MIN JĀMIʿ KALIMIHI (STUDI KOMPARASI))
20105050098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
K.H. Ali Maksum dan K.H. Zainal Abidin Munawwir adalah dua figur berpengaruh yang membawa Pondok Pesantren Al-Munawwir ke era kemajuan setelah kepergian K.H. Muhammad Munawwir. Kedua tokoh ini tidak hanya terhubung oleh darah, tetapi juga oleh ikatan intelektual yang mendalam sebagai guru dan murid. K.H. Ali Maksum, sebagai satu-satunya guru dari K.H. Zainal Abidin, bersama muridnya ini menjadi ulama yang produktif, menghasilkan karya-karyadi berbagai bidang ilmu agama, salah satu adalah bidang hadis. Karya mereka. Kitab Jawami’ Al-Kalim Manqulah Min Ahadis Al-Jamiʿ Al- Ṣaġir oleh K.H. Ali Maksum dan Kitab Al-Muqtatofat Min Jamiʿ Kalimihi Ṣaw oleh K.H. Zainal Abidin, tidak hanya menampilkan kumpulan hadis tetapi juga dengan metode penulisan yang menampilkan perbedaan kecenderungan dari kedua tokoh. Uniknya, kedua kitab ini bersumber dari referensi yang sama, yakni Kitab Al-Jamiʿ Al-Ṣaġir Fi Ahadis Al-Nazir wa Al-Basyir karya Imam Jalaluddin As-Suyuṭi, namun diolah dengan perspektif yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kedua karya monumental ini dengan menelaah metodologi penulisan masing-masing kitab. Melalui pendekatan kualitatif berbasis studi kepustakaan, penelitian ini menawarkan analisis deskriptif-analitis-komparatif yang akan memberikan pandangan baru bagi para pembaca mengenai kekayaan intelektual kitab. Penelitian ini diharapkan tidak hanya memperdalam pemahaman tentang kedua kitab tersebut, tetapi juga mengungkap kontribusi signifikan keduanya dalam tradisi intelektual. Hasil penelitian ini adalah: ( 1 ) Kedua kitab hanya sebatas memiliki kesamaan sumber rujukan, tidak dengan metode penulisannya. Kitab Jawami’ Al-Kalim Manqūlah Min Ahadis Al-Jamiʿ Al-Sagir termasuk kitab nukilan hadis pada umumnya dengan corak akhlak sedangkan Kitab Al-Muqtaṭofāt Min Jāmiʿ Kalimihi Ṣaw merupakan kitab nukilan juga kitab syarah hadis dengan corak fikih. ( 2 ) meskipun terjalin transmisi keilmuan tidak menjadikan kedua kitab memiliki metode atau karakteristik yang sama, keduanya memiliki kecenderungannya masing-masing dan membuktikan adanya transformasi keilmuan didalamnya. ( 3 ) xviii Kedua kitab menjadi salah satu materi di PP. Al- Munawwir yang keberadaanya saling melengkapi dan memiliki fungsi bertingkat. Pada pembahasan relevansi dan kontribusi menghasilkan analisa sebagai berikut : ( 1 ) Kitab Jawāmi’ Al-Kalim Manqūlah Min Aḥādīṡ Al-Jāmiʿ Al-Ṣaġīr relevan digunakan di PP. Al-Munawwir dan menjadi salah satu kajian yang menjadi ciri khas serta dapat mengembangkan kemampuan Bahasa Arab para santri, sedangkan Kitab Kitab Al-Muqtaṭofāt Min Jāmiʿ Kalimihi Ṣaw memiliki ruang lingkup yang lebih kecil lagi karena terbatas hanya diajarkan di komplek yang diasuh secara langsung oleh pengarang kitab. ( 2 ) kedua kitab tidak berkontribusi besar pada ranah kajian kitab tradisionalis atau pesantren, keduanya hanya sebatas menjadi khazanah bagi kajian akademis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Asrul M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Metodologi Penulisan; Transmisi Keilmuan; Kontribusi |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.21 Ilmu Hadis |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 13:01 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 13:01 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67897 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |