Muhammad Rifi Harahap, NIM.: 99474140 (2004) KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH UMUM PADA ERA MILENIUM KE III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH UMUM PADA ERA MILENIUM KE III)
4. 99474140_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
|
Text (KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH UMUM PADA ERA MILENIUM KE III)
4. 99474140_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum mempunyai peranan penting dalam kelancaran suatu proses pendidikan. Dari kurikulum inilah akan jelas dan tampak suatu proses pendidikan yang matang. Kurikulum adalah bagian kekuatan dalam proses pendidikan, serta jarak yang akan ditempuh. Maksudnya adalah kurikulum dipandang sebagai sejumlah mata pelajaran dalam konteks tertentu yang harus ditempuh dan dikuasai untuk mendapat suatu tingkatan. Pendidikan agama Islam pada sekolah menengah umum (SMU/SMK) bertujuan meningkatkan keimanan, pemahaman, serta penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt. Selain itu berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi,masyarakat serta berbangsa dan bernegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh revelansi PAI di SMU pada era Milenium III.Apa yang harus diperbuat oleh kurikulum pandidikan agama Islam (PAI) sebagai bagian kecil dalam dunia pendidikan nasional, dengan tuntutan yang sangat kompleks diiringi dengan perkembanmgan zaman yang semakin global. Haruskah kurikulum PAI di SMU mengalami perombakan besar-besaran, atau kurikulum PAI terus "ternina bobokan" dengan adanya perubahan zaman, atau yang lainnya. Artinya adalah jikalau kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) tidak mengalami perubahan maka apa yang selama ini menjadi tujuan dari pendidikan agama Islam pada sekolah menengah umum (SMU) tidak akan dapat dicapai pada era Milenium III. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah : Kurikulum pendidikan agama Islam adalah sarana atau wadah bagi stswa yang beragama Islam clalam meningkatkan keimanan, penghayatan, clan pengamalan siswa tentang agama Islam Sehingga menjadi manusia muslim yang beriman clan bertakwa kepada Allah SWT. Kurikulum Agama Islam haruslah berorientasi pada pendidikan yang bermutu clan clapat dirasakan manfaatnya ditengah-tengah masyarakat pacla era milenium III. Dan materi pendidikan agama Islam yang ada di SMU sekarang cukup relevan clan diharapkan mampu menjawab tantangan era milenium pacla saat ini. Semua elemen Sekolah clan masyarakat. Baik guru, murid, orang tua dan k lingungan diharapkan mampu merubah cara pandang terhadap kurikulum pendidikan agama Islam yang ada di SMU, untuk menghaclapi dan menjalankan era milenium III ini. Sehingga " Revitalisasi " terhadap kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMU clapat dirasakan dan diterapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dra. Asnafiyah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum , Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Dra Irhamny - pustakawan |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 11:25 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 11:25 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67904 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |