METODE PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR TOMOE DALAM BUKU TOTTO-CHAN SI GADIS KECIL DI TEPI JENDELA TULISAN TETSUKO KUROYANAGI (Perspektif Pendidikan Islam)

Nafiul Lubab, NIM.: 99474519 (2003) METODE PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR TOMOE DALAM BUKU TOTTO-CHAN SI GADIS KECIL DI TEPI JENDELA TULISAN TETSUKO KUROYANAGI (Perspektif Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR TOMOE DALAM BUKU TOTTO-CHAN SI GADIS KECIL DI TEPI JENDELA TULISAN TETSUKO KUROYANAGI (Perspektif Pendidikan Islam))
5. 99474519_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR TOMOE DALAM BUKU TOTTO-CHAN SI GADIS KECIL DI TEPI JENDELA TULISAN TETSUKO KUROYANAGI (Perspektif Pendidikan Islam))
5. 99474519_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Buku berisi kisah nyata anak Totto-chan ini marak sekali dengan respon pendidikan Jepang terhadap anak yang dianggap nakal,, namun sebenarnya adalah anak cerdas dan baik. Buku ini termasuk Best seller sebagaimana dikatakan bahwa Tetsuko Kuroyanagi penulis terkenal buku Totto-chan dengan judul berbahasa Inggris Totto-chan:The Little Girl at The Window diterbitkan oleh Kodansha Internasional terjual lebih dari tujuh juta copy dan buku terjemahannya diterbitkan di 33 negara. Penulis tertarik dengan buku tersebut dan menganalisa dengan mengungkap bagaimana metode Pendidikan yang diterapkan pendidik terhadap anak didik dalam proses Pendidikan sekolah dasar Tomoe perspektif Pendidikan Islam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : metode pendidikan yang diterapkan Sekolah Dasar Tomoe terdapat berbagai metode pendidikan, yakni: metode cerita, metode pilihan, metode karyawisata, metode ritmik, sosiodrama dan bermain peran dan terakhir metode demonstrasi. Dalam perspektif metode pendidikan Islam, metode pendidikan yang diterapkan Sekolah Dasar Tomoe mewakili pendapat dari sumber ajaran serta nilai universal Islam. Dari beberapa metode pendidikan yang telah disebutkan pada nomor 1, pada umumnya hampir sama sebagaimana yang ada dalam metode pendidikan yang telah diungkap beberapa ilmuwan pendidikan. Namun dalam dataran praktis operasional metode pendidikan yang diterapkan Sekolah Dasar Tomoe berbeda, dan penulis menganalisis serta menyimpulkan bahwa metode pendidikan Sekolah Dasar Tomoe lebih berorientasi; (a) pada child­centred (anak didik), bukan teacher-centred, (b) metode pen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sekolah Dasar Tomoe; metode pendidikan; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Dra Irhamny - pustakawan
Date Deposited: 17 Oct 2024 11:32
Last Modified: 17 Oct 2024 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum