Nurul Khotimah, NIM.: 99424355 (2003) PENGAJARAN KITAB KUNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB DI MADRASAH SALAFIYAH III KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGAJARAN KITAB KUNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB DI MADRASAH SALAFIYAH III KRAPYAK YOGYAKARTA)
6. 99424355_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (16MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGAJARAN KITAB KUNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB DI MADRASAH SALAFIYAH III KRAPYAK YOGYAKARTA)
6. 99424355_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Madrasah Salafiyah III yang berdiri dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bergerak dalam bidang keagamaan dengan didukung oleh kajian beberapa literatur Arab yakni kitab kuning. Di samping itu terdapat pula program pengajaran bahasa Arab sebagai alat untuk memahami serta mengkaji ilmu agama. Misi pengajaran kitab kuning mempunyai hubungan yang sangat erat dengan fungsi bahasa, karena dalam kehidupan dewasa ini informasi tentang berbagai pengetahuan mengalir dengan deras termasuk juga pengetahuan yang terdapat dalam kitab kuning. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui metode apayang digunakan, seberapa keterampilan membaca siswa danupaya apa yang di lakukan untuk meningkatkan keterampilan serta factor yang mendukung dalam pengajaran kitab kuning ini. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah : dalam pengajaran kitab kuning di Madrasah salafiyah III metode yang digunakan adalah metode membaca, menerjemahkan, gramatika terjemah, diskusi dan metode eclectik. Untuk keterampilan siswa dalam membaca teks Arab cukup baik, karena adanya dukungan kegiatan ektra. Dan untuk meningkatkan kemahiran siswa dalam membaca teks berbahasa Arab dengan menggunakan metode yang tepat dalam mengajar, membiasakan siswa berlatih membaca di kelas, mengaktifkan kegiatan ekstra yang dijadikan aset yang berarti dalam meningkatkan kemahiran siswa membaca teks Arab dengan memberi penghargaan dalam kategori "siswa teladan sorogan" setiap akhir sanah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Drs. H. Muallif Syahlani |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab, Kitab Kuning, Membaca |
Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Dra Irhamny - pustakawan |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 11:34 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 11:34 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67908 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |