PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TK ROUDLOTUL ATHFAL IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Umi Mukarromah, NIM.: 99424425 (2003) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TK ROUDLOTUL ATHFAL IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TK ROUDLOTUL ATHFAL IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
9. 99424425_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TK ROUDLOTUL ATHFAL IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
9. 99424425_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan bahasa anak di masa pra sekolah bisa dikatakan lebih lambat dari pada perkembangan mentalnya. Di mana perbendaharaan kata yang mereka miliki sangat sedikit, sehingga biasanya mereka menggunakan bahasa tubuh untuk mengungkapkan isi hati atau keinginannya. Dan yang harus diingat pada masa anak-anak adalah bahwa proses akuisisi (pemerolehan) bahasa mereka itu melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitar dan mendengarkan ucapan­ucapan orang Iain. Oleh karenanya dalam mengajarkan bahasa Asing, dalam hal ini adalah bahasa Arab. Seorang guru hendaknya mempunyai trik-trik tersendiri sebagai stimulus agar tidak membosankan bagi anak. Penelitian ini membahas perencanaan proses belajar mengajar Bahasa Arab dan pelaksanaannya di TK Roudlotul Athfal IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam memperoleh data menggunakan metode Observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Kesimpulan yang didapat dapal penelitian ini adalah : sebelum melaksanakan pembelajaran bahasa Arab, hendaknya seorang guru mampu membuat sebuah perencanaan untuk melaksanakan pembelajaran tersebut. Perencanaan tersebut mencakup lima komponen utama yaitu : tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. Bila perencanaan tersebut telah direncanakan secara matang, maka pelaksanaan pembelajaran akan berjalan dengan sempuma. Namun pembelajaran yang selalu didahului dengan pendahuluan, kemudian dilanjutkan dengan istirahat, kegiatan inti, dan penutup, tidak luput dari masalah. Di mana masalah yang dihadapi TK setempat dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Arab adalah anak merasa kesulitan, karena mereka merasa asing dengan bahasa Arab yang sangat berbeda dengan bahasa pertama mereka dari segi tulisan dan ucapan. Dan problema yang nampak dalam pembelajaran bahasa Arab di TK Roudlotul Athfal tersebut dari segi lingustik, yaitu antara laian adalah Tata bunyi, ksa kata struktur kalimat dan tulisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing : Drs. Ahzab Muttaqin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: bahasa Arab; belajar mengajar
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Dra Irhamny - pustakawan
Date Deposited: 17 Oct 2024 11:44
Last Modified: 17 Oct 2024 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum