Nunun Khotami, NIM.: 99414346 (2003) PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN MADRASAH IBTIDAIYAH SANANUL ULA DI DESA SRIMARTANl. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN MADRASAH IBTIDAIYAH SANANUL ULA DI DESA SRIMARTANl)
99414346_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (16MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN MADRASAH IBTIDAIYAH SANANUL ULA DI DESA SRIMARTANl)
99414346_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Skripsi ini bisa disimpulkan membahas tentang pengelolaan madrasah Ibtidaiyyah khususnya Madrasah Ibtidaiyah Sananul Ula dengan kesimpulan sebagai berikut, l. Dari masing-masing pengelolaan komponen Madrasah Ibtidaiyah Sananul Ula terlihat masih terdapat kekurangan, seperti; guru belum sepenuhnya membuat program pengajaran yang berimplikasi pada kurangnya persiapan dalam mengajar dan berakibat pada hasil kualitas siswanya. Dari segi gurunya sendiri masih ada beberapa guru yang kurang profesional dalam mengajar, terlihat ada guru yang mengajar itu tidak sesuai dengan basic pendidikannya. Di bidang sarana dan prasarana keadaannya masih terbatas yang disebabkan minimnya pemasukan dana sehingga menjadi kendala besar untuk memperbaiki fasilitas yang ada, dan hal ini berpengaruh pada efektifitas belajar mengajar yang nantinya berpengaruh pada kualitas out p ut siswa madrasah tersebut. Dari pihak sekolah juga berusaha membina hubungan dengan masyarakat baik pengguna lembaga tersebut atau bukan, yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat terhadap madrasah. Secara keseluruhan pengelolaan Ml Sananul Ula ini perlu diperbaiki lagi karena kualitas lembaga tersebut masih rendah. 2. Dari pengelolaan MI Sananul Ula seperti di atas berimplikasi pada pandangan masyarakat terhadap madrasah tersebut. Masyarakat memandang bahwa mutu pendidikan dari suatu lembaga pendidikan itu menjadi pertimbangan utama dalam menyekolahkan anak. Kualitas pendidikan yang rendah akan dihindari oleh masyarakat dan menurunkan minat mereka terhadap lembaga tersebut. Begitu juga yang terjadi di MI Sananul Ula yang terus mengalami penurunan jumlah siswa dibanding dengan pada saat awal berdirinya. Adapun alasan dari masyarakt yang tidak memasukkan anaknya ke Ml Sananul Ula yaitu; kualitas pendidikan masih rendah, karena menjaga "gengsi" status soial, karena ada berbagai perbedaan orientasi orang tua dalam menyekolahkan anak, dan karena terdapat SD lain yang menurut mereka lebih berkualitas. Adapun sedikit warga masyarakat di desa Srimartani ini yang memasukkan anak mereka ke madrasah tersebut, karena masih adanya semangat dari mereka untuk mempertahankan keberadaan madrasah di tengah-tengah mereka dan di madrasah itu mempunyai pelajaran agama yang banyak juga karena biaya pendidikan yang murah. Dari hal-hal tersebut dapat diketahui adanya perbedaan pandangan dari masyarakat mengenai pendidikan diantaranya, ada yang melihat pendidikan dari sisi kegunaan praktis sebagai bidang usaha yang bersifat ekonomis serta pendidikan dipandang sebagai sarana pembinaan nilai-nilai budaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | tenaga pendidik; program pengajaran |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 13:38 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 14:08 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67914 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |