Maman Faturohman, NIM.: 04430970 (2008) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MANDIRI BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI SARAN A UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOGIS SISWA SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MA TEMATIKA INTERAKTIF MANDIRI BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI SARAN A UNTUK MENINGKA TKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOG IS SISWA SMA)
04430970_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (21MB) | Preview |
|
![]() |
Text (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MA TEMATIKA INTERAKTIF MANDIRI BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI SARAN A UNTUK MENINGKA TKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOG IS SISWA SMA)
04430970_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (63MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui efektivitas pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dan logis siswa; 2) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran matematika interaktif mandiri berbasis komputer dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode drill; 3) Mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran media interaktif mandiri berbasis komputer. Model pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran matematika interaktif mandiri berbasis komputer ini diterapkan pada siswa kelas X SMA Islam 3 Sleman, Yogyakarta. Pokok bahasan yang dijadikan sebagai materi pembelajaran adalah logika matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Islam 3 Sleman, Yogyakarta. Kemampuan berpikir kritis dan logis siswa diukur melalui tes tertulis yang telah diuji validitasnya dengan menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson, diperoleh nilai validitas sebesar 0,609, serta uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha dan diperoleh nilai sebesar 0,410. Sedangkan untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran digunakan angket siswa dan jurnal siswa. Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa data postes dan data gain untuk kedua kemampuan tersebut berdistribusi normal dan homogen, sehingga untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol digunakan pengujian statistik dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran matematika interaktif mandiri berbasis komputer berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa SMA. Selain itu, peningkatan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media interaktif mandiri berbasis komputer lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode drill. Penggunaan media interaktif ini mendapat respons yang sangat positif dari siswa karena melibatkan siswa secara aktif dan membuat pelajaran lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dra. Hj. Khurul Wardati, M. Si, dan Moch. Abrori, S.Si.M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Interaktif Mandiri |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 08:49 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 08:49 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67923 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |