POLA RELASI SOSIAL MASYARAKAT NELAYAN ANDON DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI PANTAI GESING PADUKUHAN BOLANG DESA GIRIKARTO KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

Eni Supriyani, NIM.: 09540002 (2013) POLA RELASI SOSIAL MASYARAKAT NELAYAN ANDON DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI PANTAI GESING PADUKUHAN BOLANG DESA GIRIKARTO KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA RELASI SOSIAL MASYARAKAT NELAYAN ANDON DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI PANTAI GESING PADUKUHAN BOLANG DESA GIRIKARTO KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (POLA RELASI SOSIAL MASYARAKAT NELAYAN ANDON DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI PANTAI GESING PADUKUHAN BOLANG DESA GIRIKARTO KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Nelayan Andon merupakan nelayan yang melakukan aktifitas mencari ikan di laut yang dilakukan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Nelayan Andon yang melakukan perpindahan sementara tersebut dilandasi karena minimnya penghasilan yang didapat jika hanya melaut di daerah asalnya. Hal tersebut disebabkan karena musim ikan yang tidak tentu dan perbedaan potensi ikan di setiap daerah berbedabeda. Perpindahan nelayan Andon ke tempat yang berbeda dengan tempat asalnya menjadikan mereka harus menjalin hubungan kemasyarakatan di tempat yang baru. Akan tetapi tidak semua perjalanan perpindahan tersebut berjalan mulus tanpa adanya konflik antara nelayan Andon dengan masyarakat setempat. Perbedaan peraturan dan adat istiadat tidak jarang menimbulkan kesalah pahaman antara nelayan Andon dengan masyarakat setempat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola relasi sosial atau hubungan sosial yang terjalin antara nelayan Andon dengan masyarakat setempat sehingga bisa saling berdampingan antara satu dengan yang lainnya dan bagaimana implikasi atau dampak struktur sosial masyarakat setelah masuknya nelayan Andon di tengah-tengah kehidupan masyarakat Padukuhan Bolang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari beberapa informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Peneliti memilih informasi dari orangorang yang dijadikan informan kunci (key informan) yang meliputi kepala Padukuhan Bolang, Ketua Kelompok Nelayan, pengurus kelompok nelayan, juragan, nelayan Andon, nelayan lokal dan beberapa warga masyarakat padukuhan Bolang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini merupakan model deskriptif analisis yaitu peneliti akan mendeskripsikan secara objektif data yang telah dikumpulkan dan melakukan analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola relasi sosial yang terbentuk antara nelayan Andon dengan masyarakat setempat bukan hanya untuk pemenuhan ekonomi saja, akan tetapi juga pada relasi kekerabatan sehingga hubungan yang terjalin tidak sampai ada konflik yang muncul ke permukaan. Untuk mempermudah kegiatan kenelayanan, pemerintah setempat membangun rumah-rumah untuk nelayan dengan sistem hak pakai. Hubungan patron-klien yang terjalin di Pantai Gesing ada tiga bentuk, yaitu antara nelayan dengan juragan, nelayan dengan pedagang dan juga juragan (ketua kelompok nelayan) dengan Dinas Perikanan dan Pariwisata. Adapun dampak dari masuknya nelayan Andon di Pantai Gesing diantaranya adalah perubahan gaya hidup, perubahan pola hubungan kerja, pelaksanaan upacara adat dan ritual labuhan serta adanya pemekaran wilayah dalam Padukuhan Bolang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Soehadha,S.Sos.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Relasi Sosial, Masyarakat Gesing, Masyarakat Nelayan Andon
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.4 Interaksi Sosial antar Kelompok
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Oct 2024 11:14
Last Modified: 21 Oct 2024 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum