Ai Siti Nurhamidah, NIM.: 06410017 (2010) IMPLEMENTASI STRATEGI PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Berawal dari latar belakang masalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran Al- Qur’an Hadits di MAN Sabdodadi Bantul masih kurang kreatif sehingga mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam belajarnya. Oleh karena itu diperlukan sebuah solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut. Strategi Puzzle dalam pembelajaran ini diterapkan untuk lebih menjadikan siswa aktif berpartisipasi dan lebih percaya diri dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Strategi Puzzle merupakan variasi dalam pembelajaran agar tidak monoton dan siswa tidak merasa bosan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, dua pertemuan tiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dri tahapantahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas X MAN Sabdodadi Bantul. Pengumplan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi Puzzle dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Sabdodadi Bantul yang diterapkan pada semua materi pelajaran dengan menggunakan berbagai variasi yang dikombinasikan dengan berkolompok. 2) Pembelajaran Al-Qur'an Hadits dengan menggunakan strategi Puzzle mampu meningkatkan hasil belajar Al-Qur'an Hadits yakni ditandai dengan semakin besarnya antusias siswa untuk mengikuti mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Tindakan 1 dan 2 dinyatakan berhasil, hal ini diketahui dari nilai-nilai siswa yang rata-rata terletak di atas 7,0 yaitu untuk siklus 1 sebesar 60,6% dan untuk siklus 2 sebesar 76,3% dari hasil awal peningkatan kenaikan skor pretest dan posttest sebesar 13,8% untuk tindakan 1 6,8% dan untuk tindakan 2. 9,74% Angka persentase yang didapatkan pada siklus 1. Hal ini dikarenakan materi pelajaran pada siklus 2 tidak semudah seperti pada siklus 1. Indikator keberhasilan pelaksanaan siklus ini lebih ditekankan pada peningkatan keterlibatan siswa dalam pelajaran dan meningkatan prestasi belajar siswa. hal ini ditunjukan dengan 60,6% (untuk tindakan 1) dan 76,3% (untuk tindakan2) siswa kelas X telah mencapai daya serap lebih dari 75% materi Al-Qur’an Hadits yang disampaikan di kelas. Secara keseluruhan peningkatan yang terjadi sebesar 46%, kemudian pada siklus I 74% dan siklus II sebesar 77% hal ini mengalami peningkatan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Suwadi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Puzzle, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Strategi Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 11:49 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 11:49 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67981 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |