UPAYA MADRASAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEPADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA

Wahid Rahmatdi, NIM.: 09480003 (2013) UPAYA MADRASAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEPADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MADRASAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEPADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MADRASAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEPADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah semakin meningkatnya kebrobrokan moral pada generasi bangsa yang disebabkan oleh krisis karakter masing-masing individu. Perkembangan globalisasi yang semakin pesat menjadi pemicu utama timbulnya efek negatif bagi karakter bangsa. Untuk mengantisipasi meningkatnya kebrobrokan moral pada generasi bangsa khususnya pada siswa MIN Pajangan, di sinilah peran penting pendidikan karakter sebagai solusi permasalahan fenomena tersebut. MIN Pajangan merupakan pendidikan formal yang berciri khas Islam yang bertanggungjawab untuk mengembangkan intelektual dan moral bagi siswanya. Hal tersebut merupakan cerminan dari keseluruhan pendidikan sebagaimana yang tercantum dalam UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam kenyataannya pembelajaran yang ada lebih berorientasi pada pengetahuan sehingga perlu adanya perhatian terhadap penanaman nilai-nilai pendidikan karakter untuk menghadapi adanya kemrosotan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan madrasah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada siswa MIN Pajangan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seleksi data, penyajian, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data ini mengunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya yang dilakukan oleh madrasah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam kegiatan intrakurikuler nilai-nilai pendidikan karakter dikaitkan dengan materi pembelajaran, media, dan metode pembelajaran. Dalam setiap pembelajaran nilai-nilai karakter di masukkan kedalam pembelajaran mulai dari kegiatan apersepsi, eksplorasi, elaborasi, sampai dengan konfirmasi. Dalam kegiatan ekstrakurikuler nilai-nilai pendidikan karakter diintegrasikan dengan materi kegiatan, latihan, dan praktik. Faktor pendukung diantaranya; lengkapnya sarana-prasarana madrasah, partisipasi semua pihak madrasah, motivasi dan komitmen guru, dan keteladanan guru. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya; perpustakaan madrasah yang kurang berfungsi dengan baik, perilaku siswa yang ramai, terbatasnya pengawasan dari guru, kurangn dukungan orang tua, dan lingkungan yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Zainal Arifin, M. S. I.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Siswa, Madrasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Oct 2024 11:56
Last Modified: 21 Oct 2024 11:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67983

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum