M. Choirul Adib, NIM.: 04461132 (2010) PENGGUNAAN PETA KONSEP MANDIRI DALAM MEMBANGKITKAN MINAT DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X.D SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGGUNAAN PETA KONSEP MANDIRI DALAM MEMBANGKITKAN MINAT DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X.D SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGGUNAAN PETA KONSEP MANDIRI DALAM MEMBANGKITKAN MINAT DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X.D SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan peta konsep mandiri untuk membangkitkan minat dan meningkatkan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan developmental research model 4D, yang meliputi proses define, design, develop dan disseminate dengan subjek penelitian siswa kelas X.D SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 22 siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dirancang pada tahap design dengan mempertimbangkan perkiraan kebutuhan pada tahap define. Perangkat pembelajaran kemudian diujicobakan dengan metode pembelajaran peta konsep mandiri pada tahap develop. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan peta konsep mandiri bertujuan untuk mengetahui minat dan prestasi belajar. Data minat belajar siswa diperoleh dari angket minat belajar, sedangkan data prestasi belajar diperoleh dengan soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian yang berupa data minat belajar siswa kemudian dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase keberhasilan dan data prestasi belajar siswa dengan perbandingan nilai post-test uji coba I dengan post-test uji coba II dan post-test uji coba III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran fisika dengan mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan peta konsep mandiri dapat membangkitkan minat belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya minat belajar siswa di setiap uji coba dengan rata-rata sebesar 75,09% pada uji coba I, 78,36% pada uji coba II, dan 80,09% pada uji coba III serta meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X.D SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar siswa di setiap uji coba. Prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata 31,82%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4D, Peta Konsep, Minat Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 13:24 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 13:24 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68008 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |