PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP

Hultawati, NIM.: 08600019 (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pemanfaatan LKS dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP N 5 Banguntapan pada pokok bahasan aritmetika sosial. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pemanfaatan LKS dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar afektif siswa kelas VII SMP N 5 Banguntapan pada pokok bahasan aritmetika sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen (NonEquivalent Control Group Design). Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran tipe GI dengan pemanfaatan LKS dan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, variabel terikat berupa hasil belajar matematika siswa pada ranah kognitif serta ranah afektif, dan variabel kontrol berupa materi, waktu, kelas, dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banguntapan sebanyak 109 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas VIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor gain. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pemanfaatan LKS lebih berpengaruh dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP N 5 Banguntapan pada pokok bahasan aritmetika sosial, dengan nilai sig. sebesar 0,0005 < 0,05. (2) model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pemanfaatan LKS lebih berpengaruh dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar afektif siswa kelas VII SMP N 5 Banguntapan pada pokok bahasan aritmetika sosial, dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suparni, M.Pd. dan Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Group Investigation (GI), LKS (Lembar Kegiatan Siswa), Hasil Belajar Kognitif Siswa, Hasil Belajar Afektif Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Oct 2024 13:39
Last Modified: 22 Oct 2024 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum