STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA DISENTRALISASI (STUDI KEBIJAKAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TUBAN)

Khoirul Asiah, S.Pd.I, NIM.: 07223707 (2009) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA DISENTRALISASI (STUDI KEBIJAKAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TUBAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA DISENTRALISASI (STUDI KEBIJAKAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TUBAN))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA DISENTRALISASI (STUDI KEBIJAKAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TUBAN))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Apa kebijakan Dinas Pendidikan Tuban dalam peningkatan mutu di era disentralisasi. 2) Bagaimana proses penentuan kebijakan Dinas Pendidikan Tuban dalam peningkatan mutu. 3) Bagaimana strategi yang digunakan Dinas Pendidikan Tuban dalam peningkatan mutu pendidikan. 4) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengembangan mutu pendidikan oleh Dinas Pendidikan Tuban. Penelitian ini adalah merupakan jenis penelitian lapangan, yaitu yang bertujuan melakukan studi yang mendalam mengenai unit sosial sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif, sebab penelitian ini bermaksud mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa atau kejadian aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan 3 jenis metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data yang terhimpun dalam penelitian ini digunakan teknik analisis kualitatif. Data yang sudah terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan model siklus interaktif yang dikembangkan Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari penelitian yang penulis lakukan, menunjukkan hasil bahwa langkah proses penentuan kebijakan Dinas Pendidikan Tuban sebagai berikut: 1) Formulasi masalah, 2) Formulasi kebijakan, 3) Subjek yang berpartisipasi dalam formulasi kebijakan, 4) Implementasi kebijakan 5) Evaluasi kebijakan. Kebijakan strategi Dinas Pendidikan Tuban dalam peningkatan mutu adalah: 1) Peningkatan mutu SDM pertama di internal; dengan pembinaan sistem informasi manajemen, kedua di eksternal, meliputi; a) Pendidik dan tenaga kependidikan melalui kualifikasi akademik, pembinaan sistem informasi manajemen dan pembinaan tenaga pendidik, pemilihan guru berprestasi, sertifikasi profesi guru, subsidi guru SD, penilaian kinerja kepala sekolah. b) Pemuda, meliputi; peningkatan peran serta kepemudaan dengan kegiatan penataran, dialog pemuda, kelompok usaha produktif, pembinaan sarjana penggerak pembangunan desa dan seleksi pemuda pelopor. c) Masyarakat, meliputi; pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan, bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan desa, pengadaan satu unit mobil perpustakaan keliling, pengembangan PAUD perkecamatan, pembentukan keaksaraan fungsional untuk pemberantasan buta aksara, pengembangan PKBM, pengembangan pendidikan kecakapan hidup, pembentukan kelompok belajar usaha. 2) Peningkatan mutu proses. 3) Peningkatan mutu produk dengan cara pembangunan perpustakan, Lab. IPA dan Lab. Komputer, pemberian beasiswa berprestasi dari SD,SMP,SMA/SMK, penyelenggaraan operasi sayang, kompetisi hasil-hasil pembelajaran, penyelenggaraan sekolah satu atap. 4) Peningkatan mutu layanan dengan cara sosialisasi program pendidikan, penjaringan data jenjang pendidikan, monitoring dan evaluasi bidang pendidikan. 5) Peningkatan mutu lingkungan dengan cara diadakan lomba lingkungan tingkat kabupaten yang disebut Tuban Karya Nugraha (TKN), membudayakan sistem disiplin kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Drs. H. Sarbiran, M.Ed. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Mutu Pendiidkan, Kebijakan, Dinas Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Oct 2024 14:01
Last Modified: 22 Oct 2024 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum