Supriyana, NIM.: 9743638 (2003) PEMBELAJARAN AL-QUR'AN PADA SISWA TUNA RUNGU KELAS D2 DI SLB NEGERI NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (PEMBELAJARAN AL-QUR'AN PADA SISWA TUNA RUNGU KELAS D2 DI SLB NEGERI NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
97413638_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (27MB) |
![]() |
Text (PEMBELAJARAN AL-QUR'AN PADA SISWA TUNA RUNGU KELAS D2 DI SLB NEGERI NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
97413638_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembelajaran al-Qur'an pada siswa tuna rungu di kelas D2 SLB Negeri Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini mengungkap bahwa anak tuna rungu mengalami hambatan dalam menangkap dan menghayati bunyi-bunyian, yang berpengaruh pada kemampuan berbicara dan komunikasi mereka. Oleh karena itu, pembelajaran al-Qur'an bagi anak tuna rungu memerlukan pendekatan yang khusus, dengan mempertimbangkan psikomotorik, kemauan, minat, dan kebiasaan siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui tujuan pembelajaran al-Qur'an di kelas D2 SLB Negeri Bantul; 2) untuk mengetahui materi dan metode dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an di kelas D2 SLB Negeri Bantul; 3) untuk mengetahui pelaksanaan dalam pembelajaran al-Qur'an di kelas D2 SLB Negeri Bantul; 4) untuk mengetahui teknik evaluasi dalam pembelajaran al-Qur'an di kelas D2 SLB Negeri Bantul; dan 5) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an di kelas D2 SLB Negeri Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subyek yang meliputi kepala sekolah, kepala jurusan bagian tuna rungu, guru agama, wali kelas, siswa tuna rungu kelas D2, serta staf guru dan bagian tata usaha yang memahami tentang anak tuna rungu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan secara induktif. Keabsahan data ditentukan melalui triangulasi. Peran guru dalam proses pembelajaran sangat krusial, karena metode pengajaran yang menarik dan jelas dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menyoroti tantangan yang dihadapi calon guru pendidikan agama Islam dalam mengajar al-Qur'an kepada siswa tuna rungu. Fokus penelitian adalah pada pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an, materi yang diajarkan, dan metode yang diterapkan di kelas D2, serta bagaimana guru mengatasi perbedaan karakteristik siswa. Hasil penelitian diharapkan memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai strategi pengajaran yang efektif, sehingga siswa tuna rungu dapat memahami dan menghayati al-Qur'an dengan lebih baik, meskipun terdapat kendala dalam kemampuan pendengaran mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. H. Muhammad Anis M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Al-Qur'an, Siswa Tuna Rungu, Sekolah Luar Biasa |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Asri Yuna Chasanawati |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 15:51 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 15:51 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68222 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |