Hendrayadi, NIM.: 99414180 (2004) PROFIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PERUMNAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PROFIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PERUMNAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
99414180_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (30MB) | Preview |
|
Text (PROFIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PERUMNAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
99414180_BAB II sampai BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kaitannya dengan pendidikan di dalam keluarga orang tua sangatlah menentukan peranannya. Mereka akan menjadi suri teladan bagi anak-anaknya, hal ini akan menarik persoalnya manakala dihadapkan pada lingkungan keluarga perumahan perumnas yang nota bene serba komplek. Dengan latar belakang yang berbeda; suku, agama, pendidikan dan kekayaan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data baik kualitatif dan data kuantitatif, metode analisa yang digunakan untuk menganalisas data kuntitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Bentuk usaha kongkret yang dilakukan para orang tua dalam memberikan pendidikan Islam bagi anak anatara lain adalah; dengan membiasakan dan melatih anak untuk mengamalkan ajaran agama; menciptakan susana keagamaan yang kental dalam lingkungan rumah tangga; mengawasi anak dalam belajar, mengaji dan tingkah lagu keseharian; mengajari anak mengaji; memasukkan anak ke TPA: menyekolahkan kemadrasah; menyerahkan anak ke guru agama lest pervat; serta mengajak anak ikut serta dalam kegiatan ibadah di masjid dan menyeruh anak untuk mengikuti kegiatan keagamaan yang diselenggarkan pihak sekolah atau remaja masjid. 2. Meskipun kebanyakan para orang tua belum mengetahui secara baik mengenai masalah metode mendidik anak yang baik dan benar, yang juga berimbas kepada kurangnya keterampilan mereka dalam menerapkan metode tersebut , namun harus diakui bahwa tingkat kesadaran dan tingkat antusias serta perhatian para orang tua diperumahan perumnas terhadap masalah metode Pendidikan ini cukup tinggi dan bersedia untuk memperdalam wawasan pengetahuan agama umum. Metode pendidikan, seperti metode perintah, ketauladanan, nasehat, hukuman, pembiasaan dan hapalan, cukup mereka ketahui dan dan pada praktek keseharian turut diterapkan. 3. Faktor pendukung yang menunjang terlaksananya pendidikan Islam dilingkungan keluarga diperumahan perumnas adalah keberadaan TPA, kelompok pengajian yang diselenggarkan pihak pengelola masjid dan unsur aparat dusun, kemudian semeraknya kegiatan keagaman yang diselenggarkan oleh remaja masjid. Sementara itu faktor penghambat yang menjadi kendala dalam pelaksanan pendidikan Islam dilingkungan keluarga diperumahan perumnas antara lain berupa : keterbatasan waktu untuk berkumpul dengan anggota keluarga; kurangnya pengetahuan mengenai masalah mendidik anak, terutama dari segi penerapan metode; faktor anak bersangkutan yang cenderung agak nakal, bandel dan susah untuk dinasehati; serta pengaruh tanyangan televisi yang dinilai telah melenakan anak sehingga melalaikan kewajibannya, dari ikut sholat dan mengaji juga belajar, pengaruh yang paling pokok adalah pengaruh lingkungannya yang membuat anak lebih berani kepada orang tua, berani berbuat apa yang ia kehendaki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Hj. Marhumah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan anak; remaja masjid; pendidikan keluarga |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 14:19 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 14:19 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68223 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |