PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA NARAPIDANAN ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO

Etika Susi Arbawati, NIM.: 99414383 (2004) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA NARAPIDANAN ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA NARAPIDANAN ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO)
99414383_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA NARAPIDANAN ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO)
99414383_BAB II sampai BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa. Sebab itu upaya pengembangan sumber daya manusia telah berjalan melalui jalur pendidikan. Dalam dunia kependidikan terutama pendidikan agama Islam akan nampak jelas antara orang-orang yang berpendidikan dan orang yang tidak pernah mengenyam pendidikan. Pendidikan agama merupakan proses enkulturasi yang membentuk struktur kepribadian manusia, maka dengan adanya pendidikan akan mengangkat harkat dan martabat manusia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dimana sumber data yang diperoleh meliputi satu subjek penelitian yaitu LAPAS Anak Kutoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1. Bahwa pelaksanaan pendidkan agama Islam di LAPAS Anak Kutoarjo berjalan secara insidental dalam arti pelaksanaan masih terbatas pada waktu tertentu seperti bulan Ramadhan. 2. Dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di LAPAS Anak Kutoarjo ditemukan adanya beberapa factor yang menyebab munculnya problem. Faktor tersebut berasal dari factor tujuan, pendidik, anak didik serta alat atau metode. 3. Usaha yang ditempuh oleh pendidik serta pegawai LAPAS Anak Kutoarjo dalam mengatasi problem yang dihadapi adalah: problem dari tujuan, problem dari pendidik, problem dari anak didik, dan problem dari alat dan metode.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. H. Muchammad Asrosri, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; narapidana anak; kepribadian anak
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Oct 2024 10:07
Last Modified: 28 Oct 2024 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68255

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum