KESADARAN HALAL DAN PERSEPSI TERHADAP PRODUK KOSMETIK HALAL: STUDI KASUS MAHASISWA MUSLIM UIN KALIJAGA

Dwi Syafarina, NIM.: 22200011002 (2024) KESADARAN HALAL DAN PERSEPSI TERHADAP PRODUK KOSMETIK HALAL: STUDI KASUS MAHASISWA MUSLIM UIN KALIJAGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESADARAN HALAL DAN PERSEPSI TERHADAP PRODUK KOSMETIK HALAL: STUDI KASUS MAHASISWA MUSLIM UIN KALIJAGA)
22200011002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KESADARAN HALAL DAN PERSEPSI TERHADAP PRODUK KOSMETIK HALAL: STUDI KASUS MAHASISWA MUSLIM UIN KALIJAGA)
22200011002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Potensi dan peluang industri kosmetik halal di Indonesia sangat besar. Indonesia menempati urutan kedua konsumsi kosmetik halal dunia. Industri kosmetik menjadi perhatian dunia karena meningkatnya kesadaran konsumen muslim untuk mengonsumsi produk halal. Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menyatakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat akan kebutuhan produk kosmetik halal sebesar 93 persen. Namun, survei yang dilakukan Markplus,inc & ZAP Clinic menemukan hanya bahwa 6,9 persen wanita yang memerhatikan label halal. Maka dari itu tesis ini bertujuan menganalisis kesadaran halal dan persepsi mahasiswa muslim terhadap produk kosmetik halal serta alasan mahasiswa muslim beralih menggunakan produk kosmetik halal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif-analitis, dimana sumber data diperoleh dari penelitian lapangan (field research). Pengambilan sumber data dilakukan dengan cara wawancara terhadap 16 mahasiswa S1 UIN Sunan Kalijaga dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Push, Pull, and Mooring (PPM), teori ini digunakan sebagai pisau analisis untuk melihat kesadaran halal, persepsi serta alasan mahasiswa muslim beralih menggunakan produk kosmetik halal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa muslim memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya produk kosmetik halal. Kesadaran ini didorong oleh pemahaman akan pentingnya mengonsumsi produk yang sesuai dengan ajaran agama dan keyakinan bahwa produk halal lebih aman untuk digunakan. Persepsi mahasiswa muslim terhadap produk kosmetik halal cenderung memiliki persepsi positif. Mereka percaya bahwa produk kosmetik halal tidak hanya memenuhi aspek keagamaan, namun memiliki kualitas yang baik dan aman untuk digunakan. Alasan yang mendorong mahasiswa muslim beralih ke produk kosmetik halal adalah ketidakpuasan dengan produk non-halal dan penyesalan atas penggunaannya. Selain itu, faktor penarik seperti ketersediaan produk halal berkualitas dengan harga yang kompetitif juga memainkan peran penting. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan, seperti biaya beralih dan tingkat religiusitas individu, yang dapat menghalangi transisi ke penggunaan produk halal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor., S. S. M. A.
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Halal, Persepsi, Mahasiswa Muslim, dan Kosmetik Halal.
Subjects: Industri Halal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Industri dan Bisnis Halal
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 28 Oct 2024 14:32
Last Modified: 28 Oct 2024 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum