Efi Amrina Lubis, S.IP, NIM.: 21200012015 (2024) ANALISIS KESENJANGAN ANTARA HARAPAN DAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL+TM DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS KESENJANGAN ANTARA HARAPAN DAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL+TM DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
21200012015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
![]() |
Text (ANALISIS KESENJANGAN ANTARA HARAPAN DAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL+TM DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
21200012015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Analisis kesenjangan menunjukkan bahwa cara yang mudah dan tepat untuk mengidentifikasi inkonsistensi adalah dengan membandingkan persepsi penyedia terhadap kinerja layanan. Mengatasi kesenjangan ini merupakan langkah logis untuk merumuskan strategi guna memastikan harapan dan persepsi yang dirasakan pengguna perpustakaan, sehingga meningkatkan kepuasan dan kualitas. Metode LibQUAL+TM dianggap paling mutakhir untuk mengukur kualitas layanan, ada tiga dimensi dalam metode LibQUAL+TMidijadikan sebagai variabel pengukuran kualitasilayanan, yaitu: 1) Kinerja pustakawanidalam pelayanan (Affect of Service), 2) Kualitasiinformasi dan akses informasi (information control), 3) Sarana perpustakaan (Library as Place) Penelitian ini mengaplikasikan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis data, digunakan model importance and performance analysis (IPA), yang terdiri dari dua bagian: analisis kesenjangan (gap) dan analisis kuadran. Sampel penelitian ada 80 responden mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah Nilai keseluruhan atribut tiga dimensi yaitu kinerja pustakawan (service of affect), Kualitas informasi (information control), dan sarana perpustakaan (library Place) kualitas layanan (Q) 0,82, 0,84, dan 0,84 < 1 dan jika dilihati dari keseluruhan 0,84 < 1 yang berarti tingkat kinerja (persepsi) di Perpustakaan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga lebih rendah dari pada nilai tingkat kepentingannya (harapan). Berarti ketiga dimensi LibQUAL+TM bernilai negatif. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas layanan di perpustakaan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga belum dapat memenuhi harapan mahasiswa (pemustaka). Sebagai rekomendasi pada penelitian ini kepada Perpustakaan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga untuk memberikan perhatian khusus, melakukan evaluasi, dan meningkatkan kinerja perpustakaan, terutama pada indikator-indikator LibQUAL+TM yang berada di kuadran I diagram kartesius. Beberapa saran yang dapat diberikan adalah, pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan sebaiknya memiliki prosedur operasional standar yang berfungsi sebagai panduan dalam semua aktivitas perpustakaan, termasuk dalam layanan perpustakaan, untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi mahasiswa. Kepada atasan/direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga untuk memberikan perhatian dan mengevaluasi Perpustakaan Pascasarjana agar semakin bagus kedepannya melihat pengunjung perpustakaan tiap tahunnya bertambah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.S., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan, Kualitas informasi, Metode LibQUAL+TM |
Subjects: | 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025.5 Layanan Perpustakaan |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi |
Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 15:31 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 15:31 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68264 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |