ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI LABORATORIUM PAUD INKLUSI FAKULTAS PSIKOLOGI UGM YOGYAKARTA

NI’MAH HIKMAWATI, NIM. 09.261.018 (2011) ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI LABORATORIUM PAUD INKLUSI FAKULTAS PSIKOLOGI UGM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI LABORATORIUM PAUD INKLUSI FAKULTAS PSIKOLOGI UGM YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI LABORATORIUM PAUD INKLUSI FAKULTAS PSIKOLOGI UGM YOGYAKARTA)
BAB II,III dan IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang sedang berada dalam proses perkembangan, baik perkembangan fisik, kognitif, bahasa, sosioemosional, nilai-nilai dan moral agama dan kemandirian. Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi mengakomodasi anak didik yang berkebutuhan khusus maupun yang tidak berkebutuhan untuk diberikan pendidikan dan pengasuhan dalam kelas yang sama. Dalam proses pengembangan potensi tersebut, adakalanya anak mengalami hambatan sehingga anak perlu difasilitasi untuk diberikan bantuan agar dapat tumbuh dan berkembang optimal. Salah satu layanan pemberian bantuan ini diberikan melalui bimbingan dan konseling, dan lembaga pendidikan merupakan tempat dimana bimbingan harus tersedia. Pemikiran tersebut kemudian penulis tindak lanjuti untuk melakukan penelitian mengenai pelaksanaan bimbingan dan konseling di PAUD Inklusi Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling, mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan dan konseling, dan mengetahui bentuk-bentuk layanan bimbingan dan konseling di Laboratorium PAUD Inklusi fakultas Psikologi UGM. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan merupakan penelitian kualitatif, Data lapangan yang digali menggunakan metode pengumpulan data berupa interview, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisa data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penulis selama tiga setengah bulan dilapangan, diperoleh data bahwa bimbingan dan konseling di Laboratorium PAUD Inklusi disebut konsultasi yang dilakukan pengelola dengan orangtua tiap 6 bulan sekali. Sedangkan konsultasi antara pendidik dengan orangtua dilaksanakan kapan saja. Dari hasil penelitian dalam pembelajaran, pelaksanaan bimbingan dan konseling anak usia dini terintegrasi dalam pembelajaran dan dilaksanakan oleh semua pendidik Laboratorium PAUD Inklusi. Secara umum pendidik sudah melaksanaan bimbingan dan konseling sesuai dengan prinsip-prinsip dan ciri-ciri bimbingan dan konseling anak usia dini. Faktor pendukung pelaksanaan bimbingan adalah kesamaan kompetensi pendidik sehingga memudahkan kerjasama dan membuat asesmen, dan juga keberadaan Laboratorium PAUD Inklusi di lingkungan Fakultas Psikologi UGM sehingga memudahkan pendidik mencari literatur mengenai penanganan permasalahan anak dan konsultasi dengan pakar perkembangan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang adanya kerjasama orangtua sehingga kurang ada kesinambungan pemberian bimbingan yang telah dilaksanakan di Laboratorium PAUD Inklusi dan di rumah. Bentuk layanan bimbingan dan konseling berupa layanan pengumpulan data (berupa observasi, wawancara, angket dan pemeriksaan medis), layanan informasi, layanan konseling, dan layanan penempatan dan layanan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : DR. Sekar Ayu Aryani., M.A.
Uncontrolled Keywords: BIMBINGAN DAN KONSELING, PAUD INKLUSI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Jan 2013 19:54
Last Modified: 14 Apr 2015 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6828

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum