MANAJEMEN PELAKSANAAN KURIKULUM MUATAN LOKAL KEPESANTRENAN DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN DUKUHSARI PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Faisal, NIM.: 17104090010 (2024) MANAJEMEN PELAKSANAAN KURIKULUM MUATAN LOKAL KEPESANTRENAN DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN DUKUHSARI PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAKSANAAN KURIKULUM MUATAN LOKAL KEPESANTRENAN DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN DUKUHSARI PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
17104090010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAKSANAAN KURIKULUM MUATAN LOKAL KEPESANTRENAN DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN DUKUHSARI PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
17104090010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan kurikulum muatan lokal kepesantrenan dalam Instansi Pendidikan. Sebagai sekolah yang berbasis pesantren MTs Raudhatul Muttaqien menerapkan kurikulum muatan lokal kepesantrenan Tahfidz dan Aswaja. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan secara mendalam untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai efektivitas dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan kurikulum muatan lokal kepesantrenan di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru mata pelajaran muatan lokal kepesantrenan, serta peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data Miles & Huberman yang mencakup tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian, Proses perencanaan kurikulum muatan lokal kepesantrenan di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan termuat di Kurikulum Madrasah yang berlandaskan pada KOM (Kurikulum Operasional Madrasah), yang berisikan tentang visi misi dan tujuan madrasah, pengorganisasian pembelajaran, rencana pembelajaran, serta pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional. Pada perencanaan, muatan lokal kepesantrenan ini masuk dalam kegiatan intrakurikuler yang berbentuk mata pelajaran Tahfidz dan Aswaja. Dalam tahap pelaksanaan, MTs Raudhatul Muttaqien menerapkan mata pelajaran Tahfidz dan Aswaja dengan berbagai strategi dan alokasi waktu keduanya satu kali seminggu. Evaluasi kurikulum dilakukan dengan melihat dua aspek: aspek muatan melalui tes tulis dan praktik untuk menilai aspek kognitif dan pemahaman keagamaan peserta didik, serta aspek hambatan-hambatan dalam pelaksanaan, seperti penambahan jumlah guru sesuai bidang dan penerbitan buku ajar berbasis ISBN untuk mempermudah proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: local content curriculum; pesantren; education management
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Oct 2024 10:07
Last Modified: 30 Oct 2024 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum