Sofiatul Husna, NIM.: 20104010070 (2024) NILAI-NILAI KETAUHIDAN PADA VIDEO ANIMASI “CERITA UBAY” DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (NILAI-NILAI KETAUHIDAN PADA VIDEO ANIMASI “CERITA UBAY” DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
20104010070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (NILAI-NILAI KETAUHIDAN PADA VIDEO ANIMASI “CERITA UBAY” DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
20104010070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan anak tentang ketauhidan merupakan pondasi utama dalam kehidupan di dunia. Nilai ketauhidan sebagai suatu yang mendasar dan fundamental untuk keimanan seseorang. Pada era digital, penggunaan teknologi dan informasi dalam pendidikan menjadi krusial. Video animasi, dengan sifat interaktif dan menarik, menawarkan cara efektif untuk menyampaikan nilai-nilai ketauhidan kepada anak-anak. Konten video animasi seperti Cerita Ubay di YouTube terbukti populer dan relevan untuk menjadi media efektif dalam menanamkan nilai ketauhidan kepada anak. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai ketauhidan yang terkandung dalam video animasi Cerita Ubay dan menganalisa relevansi video animasi ini dalam Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis nilai-nilai ketauhidan dalam video animasi Cerita Ubay. Sumber data primer terdiri dari episode 1 dan 3 video animasi di YouTube Yufid Kids, sementara sumber data sekunder meliputi buku dan jurnal tentang ketauhidan. Teknik pengumpulan data melibatkan dokumentasi dari video animasi dan literatur terkait. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis), melalui tahap deskripsi, reduksi, seleksi, dan penyimpulan untuk mengevaluasi nilai ketauhidan dan relevansi video dalam pendidikan agama Islam. Berdasarkan pembahasan dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : 1) Nilai-nilai ketauhidan yang terkandung dalam video animasi Cerita Ubay yaitu ketauhidan rubūbiyyah dan ketauhidan al-asmā’ was-ṣifāt pada video animasi Cerita Ubay episode satu. Adapun nilai ketauhidan ʿubūdiyah terkandung dalam video animasi Cerita Ubay episode tiga. 2) Video animasi Cerita Ubay relevan dalam pendidikan agama Islam, khususnya untuk mengajarkan nilai-nilai ketauhidan kepada anak-anak. Video ini menyampaikan konsep ketauhidan dengan cara menarik dan memberikan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam video, nilai-nilai ketauhidan ditanamkan melalui metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, dialog, dan praktik oleh Umi dan Abi. Kesesuaian tema, karakter, visual, dan audio dalam video ini efektif dalam menyampaikan ajaran agama Islam, sehingga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | nilai ketauhidan; video animasi; cerita Ubay |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374.012 4 Pendidikan dan Literasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 11:16 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 11:16 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68312 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |