Muhammad Dalhar, NIM.: 20204090071 (2024) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI PESANTREN JOGLO ALIT KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI PESANTREN JOGLO ALIT KLATEN)
20104090071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI PESANTREN JOGLO ALIT KLATEN)
20104090071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pendidikan karakter untuk anak berbasis budaya di pesantren, karena kurangnya perhatian orang tua kepada anak, sehingga pesantren menjadi alternatif mereka belajar dan memperbaiki karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pendidikan karakter di pesantren Joglo Alit dan nilai pendidikan karakter serta bentuk implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif study kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik Snowball. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teriangulasi teknik. Hasil penelitian ini; Pertama, bentuk pendidikan karakter di pesantren Joglo Alit yaitu pendidikan diniyah, sanggar, dojo dan Learning Society. Kedua, nilai pendidikan karakter berbasis budaya di Pesantren Joglo Alit yaitu nilai religius, nasionalis, sportivitas, mandiri dan gotong royong. Ketiga, implementasi pendidikan karakter melalui budaya di pesantren Joglo Alit yaitu melalui strategi keteladanan, penegakan kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, integrasi dan internalisasi, serta pembinaan pada santri agar implementasinya santri tidak hanya berfokus pada ranah kognitif saja, namun ranah afektif dan psikomotoriknya. Keempat, faktor pendukung dan penghambat implementasinya diantaranya: faktor pendukungnya yaitu antuias anak-anak untuk mengikuti belajar dipesantren, keterlibatan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan karakter di pesantren, dukungan pihak luar yang membantu dalam hal sarana dan prasarana. Hambatannya yaitu kurangnya kedisiplinan santri, kurangnya kesadaran wali santri dan kurangnya tenaga pengajar atau pembina.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Muhammad Qowim, S.Ag. M.Ag., |
Uncontrolled Keywords: | character education; culture; pesantren |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 13:17 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 13:17 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68316 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |