HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI GEJALA-GEJALA FISIS SECARA VISUAL DAN CARA BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAU FISIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 MTs NEGERI TRUCUK KLATEN TAHUN PEMBELAJARAN 2003/2004

Lambang Subagyo, NIM.: 98454039 (2003) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI GEJALA-GEJALA FISIS SECARA VISUAL DAN CARA BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAU FISIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 MTs NEGERI TRUCUK KLATEN TAHUN PEMBELAJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI GEJALA-GEJALA FISIS SECARA VISUAL DAN CARA BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAU FISIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 MTs NEGERI TRUCUK KLATEN TAHUN PEMBELAJARAN 2003/2004)
98454039_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI GEJALA-GEJALA FISIS SECARA VISUAL DAN CARA BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAU FISIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 MTs NEGERI TRUCUK KLATEN TAHUN PEMBELAJARAN 2003/2004)
98454039_BAB II sampai BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat memcrlukan kondisi jasmani berupa indera penglihatan dan pendengaran yang baik. karena sebagian besar materinya merupakan pembahasan mengenai fenomena-fenomena alam. Dengan indera penglihatan yang baik maka siswa akan menjadi lancar dalam memahami informasi-informasi visual yang dalam fisika dikenal dengan istilah geiala-gejala fisis. Bagian dari faktor internal berikutnya adalah aspek psikologis yang terdiri atas intelegensi, bakat, minat dan motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan/melibatkan dua variabel bebas dan satu variac,cl terikat. Kedua variabel bebas tersebut adalah kemampuan memahami gejala-gejala fisis secara visual (X1) dan cara belajar fisika (X2). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar fisika ( Y). Pengumpulan data dengan metode tesdan metode angket. Kesimpulan penelitian adalah: 1. Ada hubungan yang positif dan bennakna antara kemampuan memahami gejala-gejala fisis secara visual dengan prestasi belajar fisika pada siswa kelas 2 semester 1 MTs Negeri Trucuk Klaten Tahun Pembelajaran 2003/2004. Hal ini ditunj ukkan oleh ni1ai flv-2 sebesar 0,364 yang lebih besar daripada r tabel sebesar 0,216. 2. 2. Ada hubungan positif dan bennakna antara cara belajar fisika dengan prestasi belajar fisika pada siswa kelas 2 semester 1 MTs Negeri Tnicuk Klaten Tahun Pembelajarnn 2003/2004. Hal ini ditunjukkan oleh nilai ny-1 sebesar 0,399 yang lebih besar daripada r tabel sebesar 0,216. 3. Ada hubungan positif dan bermakna antara kemampuan memahami gejala­gejala fisis secara visual dan cara belajar fisika secara bersama-sama dengan prestasi belajar fisika pada siswa kelas 2 semester 1 MTs Negeri Trucuk Klaten Tahun Pembelajaran 2003/2004. 4. 4.Prediktor cara belajar fisika mempunyai konstribusi yang lebih besar, yang ditunjukkan oleh nilai sumbangan efektif variabel kemampuan memahami gejala-gejala fisis secara visual sebesar 14,228% dan sumbangan relatifnya sebesar 45,626%. Besamya sumbangan efektif variabel cara belajar fisika sebesar 16,956% dan nilai sumbangan rclatifnya sebesar 54,374%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suprihanto, S.Pd
Uncontrolled Keywords: gejala fisis; fenomena alam; prestasi belajar
Subjects: 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Oct 2024 14:34
Last Modified: 30 Oct 2024 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68319

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum