Ahmad Mujab, NIM.: 17104090086 (2024) PEMASARAN JASA PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH TINGKAT WUSTHO FADLUN MINALLOH BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PEMASARAN JASA PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH TINGKAT WUSTHO FADLUN MINALLOH BANTUL)
17104090086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PEMASARAN JASA PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH TINGKAT WUSTHO FADLUN MINALLOH BANTUL)
17104090086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap sekolah non formal PK-PPS Fadlun Minalloh yang mana baru tiga tahun berdiri tetapi sudah memiliki banyak siswa. Dari hal tersebut peneliti ingin mengungkap pemasaran jasa pendidikan yang diterapkan di lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang pemasaran jasa pendidikan yang berupa segmentasi pasar, bauran pemasaran, targeting, positioning dan dampak digital marketing pada pemasaran jasa pendidikan di PK-PPS Fadlun Minalloh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Pendidikan kesetaraan Pondok Pesantren Tingkat Wustho Fadlun Minalloh. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan kondensasi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran jasa pendidikan pada PKPPS Fadlun Minalloh belum direncanakan dengan baik tetapi sudah sesuai dengan tujuan. Hal ini terlihat dari segmentasi yang diterapkan hanya dengan menggunakan segmentasi pendekatan demografis dengan upaya melihat kondisi masyarakat yang memiliki hubungan dengan pondok pesantren fadlun minalloh dan masyarakat yang dulu pernah mondok di pondok tersebut serta segmentasi dengan pendekatan tingkah laku. Targeting yang fokus pada calon siswa yang ada dalam pondok pesantren. Memposisikan diri dengan keunggulan kelas karya, kelas eksplorasi, Program siswa berprestasi, dan membaca kitab kuning. Bauran pemasaran yang memfokuskan pada pemasaran jasa melalui promosi yang dilakukan oleh publik figur yaitu pimpinan dan pengasuh pondok pesantren tersebut. Pemasaran Jasa berdampak negatif dan positif dalam beberapa hal pada PK-PPS Fadlun Minalloh sebagai berikut; a)Peningkatan jumlah siswa b)Vualitas pendidikan menurun c)Reputasi baik
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, S.Pd.I, M.S.I., |
| Uncontrolled Keywords: | Jasa, Pemasaran. Pendidikan, PK-PPS Fadlun Minalloh |
| Subjects: | Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 04 Nov 2024 14:44 |
| Last Modified: | 04 Nov 2024 14:44 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68393 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
