PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DENGAN STRATEGI BLUE OCEAN DI MI TERPADU AMAANATUL UMMAH PONOROGO

Alfian Dzakiyul Fuad, NIM.: 20104090038 (2024) PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DENGAN STRATEGI BLUE OCEAN DI MI TERPADU AMAANATUL UMMAH PONOROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DENGAN STRATEGI BLUE OCEAN DI MI TERPADU AMAANATUL UMMAH PONOROGO)
20104090038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DENGAN STRATEGI BLUE OCEAN DI MI TERPADU AMAANATUL UMMAH PONOROGO)
20104090038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kompetisi antar lembaga pendidikan yang semakin ketat dalam mendapatkan peserta didik sebagai keberlangsungan proses layanan pendidikan mengharuskan lembaga pendidikan untuk memiliki strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemasaran jasa pendidikan pada MI Terpadu Amaanatul Ummah Ponorogo dengan rangkaian strategi blue ocean. Strategi blue ocean diciptakan oleh dua profesor ahli bidang manajemen W.Chan Kim dan Renee Mauborgne untuk menghadapi persaingan yang tidak relevan dengan mencipakan pasar baru. Dalam penelitian ini konsep rangkaian strategi blue ocean yang digunakan disesuikan dengan lembaga pendidikan yaitu kegunaan atau utilitas bagi pengguna, penawaran harga, biaya produksi, dan perumusan atau pengadopsian ide. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di MI Terpadu Amaanatul Ummahh Ponorogo dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala, wakil kepala, dan guru MI Terpadu Amaanatul Ummah Ponorogo. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi dta, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran jasa pendidikan dengan rangkaian strategi blue ocean di MI Terpadu Amaanatul Ummah Ponoogo adalah sebagai berikut. 1 segmentasi pasar dilakukan oleh MI Terpadu Amaanatul Ummah dengan melihat kebutuhan masyarakat. 2 positioning dilakukan dengan memposisikan madrasah yang mampu dijangkau oleh semua kalangan masyarakat serta menunjukkan nilai pembeda yang dimiliki madrasah dan menjadi ciri khas madrasah. 3 targeting yang dilakukan oleh madrasah adalah dengan melihat kondisi ekonomi masyarakat. Rangkaian strategi blue ocean di MI Terpadu Amaanatul Ummah Ponorogo terdiri atas 4 (empat) komponen. 1 kegunaan atau utilitas bagi pengguna dilakukan dengan membuat inovasi program-program yan memiliki nilai lebih di masyarakat. 2 penawaran harga melalui angket dengan menggunakan istilah infaq yang diminimalkan. 3 biaya produksi madrasah berasal dari dana BOS, mitra atau donatur madrasah, dan infaq. 4 perumusan atau pengadopsian ide rutin dilakukan melalui rapat koordinasi bersama seluruh steakholder madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Muhammad Iskhak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Jasa Pendidikan, Rangkaian strategi blue ocean
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 04 Nov 2024 15:29
Last Modified: 04 Nov 2024 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68401

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum