EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA

Asy Syifa Rahmah, NIM.: 19104010017 (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
19104010017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
19104010017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kementerian pendidikan dan kebudayaan mencanangkan kurikulum merdeka dan pembelajaran berdiferensi sebagai wujud perhatian terhadap peningkatan dan optimalisasi potensi individu siswa. Namun sayangnya, masih banyak guru tetap menggunakan strategi pembelajaran konvensional, mengkibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut juga terjadi pada kelas VII SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta, dimana hasil belajar PAI memiliki nilai yang cenderung lebih rendah dibanding mata pelajaran lain. Oleh karena itu dalam penelitian ini, diterapkan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI dengan tujuan melihat efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-experiment menggunakan one group pretest posttest design. Adapun subjek penelitian ialah siswi kelas VII SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta sejumlah satu kelas (30 siswa) sebagai purposive sampling. Untuk pengumpulan data digunakan instrumen berupa soal pilihan ganda yang diujikan pada dua waktu (sebelum dan sesudah treatment). Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji Paired Sample T-test dan Uji N-Gain untuk melihat besaran efektivitas. Hasil penelitian adalah: (1) Setelah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, rata-rata nilai hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 62%. Rata-rata nilai pretest yang didapat sebesar 40,93 sedangkan setelah treatment rata-rata nilai posttest sebesar 66,33. (2) Pembelajaran berdiferensiasi efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Paired Sample T-test antara nilai pretest dan nilai posttest, dengan kategori peningkatan hasil belajar signifikan apabila nilai Sig. < α 0.05. Output hasil uji-T menunjukkan hasil sangat signifikan, dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 atau nilai Sig. < α 0.05 dan 0.01. Dengan demikian hipotesis diterima. (3) Berdasarkan hasil output analisis N-Gain, didapatkan skor N-Gain sebesar 40,52 yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori “Sedang”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Ahmad Hanany Naseh dan Dr. Mohammad Agung Rokhimawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 04 Nov 2024 15:56
Last Modified: 04 Nov 2024 15:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum