Danila Rusdiana Devi, NIM.: 18106000010 (2024) MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI BIDANG KARTESIUS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI BIDANG KARTESIUS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII)
18106000010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI BIDANG KARTESIUS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII)
18106000010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kreatif memainkan peranan yang sangat penting untuk mengembangkan kognitif siswa. Kreativitas dalam mempelajari materi bidang Kartesius dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan membangun keterampilan berpikir matematis yang lebih kompleks. Namun, siswa sering menghadapi kesulitan terutama dalam menghubungkan teori dengan aplikasi praktis. Kesulitan inilah yang menghambat perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan melalui pendekatan saintifik dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar, sehingga dapat merangsang kreativitas mereka dalam memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran pada materi bidang Kartesius berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Develpoment) dari model pengembangan ADDIE dengan hanya melalui 4 tahap yaitu Analysis, Design, Development dan Evaluation. Instrumen pengumpul data yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media. Jenis data yang diperoleh dalam pengembangan ini yaitu data validasi modul. Kegiatan penelitian dan validasi modul ini dilakukan oleh validator ahli yaitu dua dosen Pendidikan Matematika. Berdasarkan penilaian ahli menunjukkan bahwa aspek akurasi materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 33,5 dengan kategori sangat baik. Aspek pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 15,5 dengan kategori baik. Aspek tampilan fisik memperoleh nilai rata-rata sebesar 25 dengan kategori sangat baik. Aspek kebahasaan memperoleh nilai rata-rata sebesar 16,5 dengan kategori sangat baik. Aspek tata letak memperoleh nilai rata-rata sebesar 13,5 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan uji validitas produk memperoleh nilai rata-rata sebesar 104 termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa modul pembelajaran pada materi bidang Kartesius berbasis pendekatan Saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII memenuhi syarat kriteria valid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 09:50 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 09:50 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68416 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |