PENGEMBANGAN LKPD PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI FIQIH PADA MATERI SPLDV UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

Fika Sari Putri Kristiyaningrum, NIM.: 20104040053 (2024) PENGEMBANGAN LKPD PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI FIQIH PADA MATERI SPLDV UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI FIQIH PADA MATERI SPLDV UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK)
20104040053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI FIQIH PADA MATERI SPLDV UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK)
20104040053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pendekatan problem solving terintegrasi fiqih materi SPLDV yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis dan self efficacy peserta didik yang. Jenis penelitian R&D yang dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analysis (analisis), tahap design (desain), tahap develop (pengembangan), tahap implement (implementasi), dan tahap evaluate (evaluasi). Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII MTs N 3 Klaten. Sampel uji skala kecil dipilih melalui teknik simple random sampling yaitu kelas VIII C sedangkan sampel uji lapangan dipilih melalui teknik purposive sampling yaitu kelas VIII D Kevalidan LKPD berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli didapatkan persentase sebesar 91,3% dengan kriteria “sangat valid”. Kepraktisan LKPD berdasarkan hasil angket respon peserta didik dengan persentase keidealan sebesar 72,63% dengan kriteria “baik” didukung oleh hasil observasi aktivitas peserta didik dengan persentase keidealan sebesar 98,6% dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase keidealan sebesar 100%. Keefektifan LKPD berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan kemampuan representasi matematis dan self efficacy pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana rata-rata hasil tes kemampuan representasi kelas eksperimen sebesar 82,32 sedangkan kelas kontrol sebesar 36,25. Dan self efficacy kelas eksperimen sebesar 33,11 sedangkan kelas kontrol 30,99. Dengan demikian produk LKPD yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Integrasi fiqih, Kemampuan representasi matematis, Self efficacy
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 05 Nov 2024 15:49
Last Modified: 05 Nov 2024 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum