Hanik Wal Umaro, NIM.: 20104050022 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA)
20104050022_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA)
20104050022_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penyebab pembelajaran fisika yang rendah diantaranya diakibatkan oleh metode, model, dan bahan ajar yang kurang bervariasi. Pembelajaran fisika juga jarang mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari menjadi salah satu penyebab kesulitan belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran fisika, salah satunya e-modul berbasis model pembelajaran ICARE terintegrasi permainan Egrang Batok. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik, kelayakan, respon siswa dalam penggunaan e-modul, keterlaksanaan dari e-modul, dan keefektifan e-modul berbasis model pembelajaran ICARE terintegrasi permainan Egrang Batok pada materi usaha dan energi untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, development, dan disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal kemampuan berpikir kritis, lembar penilaian kelayakan e-modul untuk ahli materi, media, guru fisika, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar angket respon siswa menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu validasi V Aiken’s, persamaan simpangan baku ideal (Sbi), Interjudge Aggrement, dan N-Gain. Hasil penelitian adalah telah dikembangkannya e-modul berbasis model pembelajaran ICARE terintegrasi permainan Egrang Batok pada materi usaha dan energi untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa dengan kriteria sangat layak dengan penilai ahli media dan guru fisika, serta kriteria layak dari ahli materi. Dengan skor rerata secara berturut-turut sebesar 52; 59,5; dan 71. Respon siswa pada uji coba terbatas memperoleh kriteria sangat setuju (SS) dengan rerata skor 72,6. Hasil keterlaksanaan e-modul dalam pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan nilai 89 %, selanjutnya respon siswa pada uji coba luas sebesar 72,97 termasuk dalam kategori sangat setuju (SS), serta terdapat perbedaan hasil kemampuan siswa berdasarkan pada nilai N-Gain dari kelas kontrol dan eksperimen dengan masing-masing skor 0,297; dan 0,521 kriteria rendah dan sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan e-modul yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Putranta, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, E-modul, Model Pembelajaran ICARE, Permainan Egrang Batok. |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 06 Nov 2024 08:57 |
| Last Modified: | 06 Nov 2024 08:57 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68442 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
