Hatta Fahrurrozi, NIM.: 17104020093 (2024) ANALISIS KELAYAKAN KEGRAFIKAN BUKU BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS IV KARYA JAUHAR ALI BERDASARKAN STANDAR BSNP PADA MATERI MUFRADÂT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS KELAYAKAN KEGRAFIKAN BUKU BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS IV KARYA JAUHAR ALI BERDASARKAN STANDAR BSNP PADA MATERI MUFRADÂT)
17104020093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (ANALISIS KELAYAKAN KEGRAFIKAN BUKU BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS IV KARYA JAUHAR ALI BERDASARKAN STANDAR BSNP PADA MATERI MUFRADÂT)
17104020093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kelayakan kegrafikan dalam buku teks yang digunakan di Madrasah Ibtidaiyah, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab. Berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), aspek kegrafikan meliputi ukuran buku, kesesuaian ukuran dengan isi buku, desain kulit buku dan desain isi buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan kegrafikan buku Bahasa Arab kelas IV karya Jauhar Ali, dengan fokus pada materi mufradât (kosakata) untuk memastikan buku tersebut sesuai dengan standar yang ditetapkan dan mampu mendukung proses pembelajaran siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan content analysis. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku "Bahasa Arab Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah" karya Jauhar Ali, sementara data sekunder diperoleh dari berbagai literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dengan analisis isi dan analisis deskriptif sebagai teknik utama dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Buku Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV pada materi mufradât karya Jauhar Ali secara umum memenuhi standar kelayakan kegrafikan yang ideal, terutama dalam aspek ukuran, kesesuaian antara ukuran dengan isi, desain kulit, dan desain isi buku. Ukuran buku yang menggunakan format A4 dan ketebalan 96 halaman sesuai dengan kebutuhan ergonomis siswa, memudahkan penggunaan dan penyimpanan. Kesesuaian ukuran dengan isi ditunjukkan melalui tata letak teks yang rapi, penggunaan font yang mudah dibaca, serta margin yang memadai, yang semuanya mendukung keterbacaan dan kenyamanan belajar. Desain kulit yang menarik dan relevan dengan tema pendidikan, serta desain isi yang seimbang antara teks dan gambar, semakin memperkuat efektivitas buku ini sebagai alat bantu pembelajaran. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kekurangan, seperti kualitas ilustrasi yang masih kurang maksimal dan keberagaman materi visual yang terbatas, yang dapat mengurangi daya tarik buku dalam mendukung pembelajaran visual. Meskipun demikian, kelebihan buku ini, termasuk integrasi teknologi melalui QR Code dan struktur materi yang sistematis, tetap menjadikannya sumber belajar yang efektif dan relevan bagi siswa madrasah. Dengan beberapa perbaikan, buku ini memiliki potensi untuk memberikan manfaat yang lebih besar dan mendukung proses pembelajaran bahasa Arab yang lebih komprehensif dan interaktif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Nurhadi, MA |
Uncontrolled Keywords: | Buku Teks, Mufradât, Analisis Kegrafikan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 09:02 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 09:02 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68443 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |