Hayati, NIM.: 21304021001 (2024) AL MAQASID AL QUR’ANIYYAH FI TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH MIN AJL AL TANAMIYYAH AL MUSTADAMAH: DIRASAH HALAH BI JAMI’AH AL SHAIKH MUHAMMAD JAMIL JAMBEK BUKITTINGGI AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (AL MAQASID AL QUR’ANIYYAH FI TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH MIN AJL AL TANAMIYYAH AL MUSTADAMAH: DIRASAH HALAH BI JAMI’AH AL SHAIKH MUHAMMAD JAMIL JAMBEK BUKITTINGGI AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH)
21304021001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (AL MAQASID AL QUR’ANIYYAH FI TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH MIN AJL AL TANAMIYYAH AL MUSTADAMAH: DIRASAH HALAH BI JAMI’AH AL SHAIKH MUHAMMAD JAMIL JAMBEK BUKITTINGGI AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH)
21304021001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa merupakan unsur inti dalam sistem peradaban yang memiliki hubungan kuat dengan unsur-unsur internal dan sistem ekternal lainnya seperti ekonomi, sosial dan politik. Oleh sebab itu bahasa memiliki peran dalam merespon problematika peradaban global. PBB sepakat untuk memecahkan masalah peradaban dengan program Pembangunan Berkelanjutan untuk melestarikan kepentingan generasi mendatang. Pendidikan adalah salah satu sarana terpenting untuk mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan, oleh sebab itu negara-negara di dunia perlu mencapainya dalam multisektoral hingga perencanaan pendidikan lokal. Masalah penelitian adalah bahwa pengajaran bahasa Arab belum menyentuh perannya dalam konteks ini secara sistematis, sedangkan tujuan bahasa Arab dalam al-Qur'an pada dasarnya untuk mengutamakan kemaslahatan dan menutup peluang kemudharatan, secara detail tujuan pembelajaran bahasa Arab untuk mencapai takwa hakiki dan menjadi agen perubahan. Hal ini selaras dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkontruksi kerangka umum model pembelajaran bahasa Arab berbasis Maqasid Qur’ani dalam menanggapi seruan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan secara komprehensif. Pendekatan penelitian digunakan adalah gabungan penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Jenis penelitian pustaka adalah studi konten dan jenis penelitian lapangan adalah studi kasus. Penelitian perpustakaan adalah studi dokumen terhadap tafsir, buku, dokumen kurikulum dan acuan pendidikan untuk tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Sumber penelitian lapangan terdiri dari informan kunci yaitu pengelola Program Studi dan informan pendukung adalah dosen, siswa, lulusan, stakeholder dan pengguna lulusan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data kualitatif menggunakan Teknik Huberman dan Miles. Metode analisis data kajian pustaka menggunakan analisis konten dan pendekatan tafsir maudhu’i. Pemaparan hasil penelitian menggunakan model analisis perbandingan indikator dan analisis matrik. Sedangkan untuk angket model analisisnya adalah menggunakan analisis statistika deskriptif. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data menggunakan FGD dan validitas ahli. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran bahasa Arab dari perspektif al-Qur'an memperhatikan problematika peradaban, khususnya problematika pembangunan berkelanjutan, bahkan lebih luas dan lebih komprehensif untuk merealisasikan kemaslahatan dan menghapus kemudharatan secara luas. Model ini memiliki kesesuaian dengan kasus pembelajaran bahasa Arab di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi yang telah menerapkan pembelajaran untuk tujuan pembangunan berkelanjutan dengan merealisasikan integrasi kurikulum dengan al-Qur'an meskipun belum sempurna dan belum terencana secara sistemik. Penelitian ini merekomendasi kerangka umum dalam mencapai pendidikan bahasa Arab untuk pembangunan berkelanjutan berbasis al-Qur'an yang merujuk kepada kerangka acuan pembelajaran bahasa Arab untuk penutur non Arab dalam menentukan standar bahan kajian berbasis peradaban dan indikator level kemampuan bahasa. Kerangka pembelajaran bahasa Arab Maqasid Qur’ani ini berfokus pada pengembangan bahan kajian yang mencakup tujuan pembangunan berkelanjutan PBB dan mengakomodir standar kompetensi kurikulum Indonesia bahkan lebih luas dan lebih komprehensif.
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Promotor 1 : Prof. Dr. Barmawy Munthe. Promotor 2: Dr. HJ. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Pembangunan Berkelanjutan, Maqasid Qur’ani, Pembelajaran Bahasa Arab |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S3) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 06 Nov 2024 12:25 |
| Last Modified: | 06 Nov 2024 12:25 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68448 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
