Husnul Khotimah, NIM.: 20104080034 (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA)
20104080034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION (CI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA)
20104080034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Mata pelajaran IPAS yang dianggap sulit dan memerlukan banyak hafalan, jika pembelajaran hanya dilakukan dengan ceramah maka siswa akan merasa bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Sehingga sebagian besar siswa kurang memahami atau mengerti materi yang telah dipelajari. Tingkat pemahaman materi yang kurang membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu cara yang dapat diterapkan dalam menciptakan pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction dengan kelas kontrol dalam pembelajaran IPAS kelas IV MIN 1 Yogyakarta. 2) Mengetahui seberapa besar efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV MIN 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group. Penelitian ini memiliki variabel bebas dan variabel terikat; variabel bebasnya adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complex Instruction (CI), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPAS siswa. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV MIN 1 Yogyakarta, dengan kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan IV B sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan Uji Mann-Whitney dengan bantuan software IBM SPSS versi 29.0 dan Uji N-gain dengan perhitungan manual dengan taraf signifikansi 0,05 Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar IPAS di kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction (CI) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Complex Instruction (CI) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik pada materi norma dan adat istiadat daerahku, berdasarkan uji N-Gain, menunjukkan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,416, yang berada dalam kategori efektivitas N-Gain sedang.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dra Asnafiyah, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Complex Instruction (CI), Hasil Belajar, IPAS |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 06 Nov 2024 13:32 |
| Last Modified: | 06 Nov 2024 13:32 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68450 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
