EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH MERUJUK PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Ida Nursaadah, NIM.: 20104040026 (2024) EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH MERUJUK PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH MERUJUK PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PESERTA DIDIK)
20104040026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH MERUJUK PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PESERTA DIDIK)
20104040026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi melalui berbagai program dan kegiatan di sekolah. Literasi tidak hanya terbatas pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup literasi numerasi yang melibatkan kemampuan memahami dan menggunakan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan koneksi matematika, yaitu kemampuan untuk menghubungkan konsep-konsep matematika dengan situasi nyata, merupakan bagian penting dari literasi numerasi. Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengevaluasi program gerakan literasi sekolah dengan merujuk pada kemampuan koneksi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi berbasis model CIPP (Context, Input, Process, Product). Data dikumpulkan melalui wawancara, studi dokumen, observasi, angket, dan tes kemampuan koneksi matematika peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif meliputi kondensasi data, penyajian data juga kesimpulan dan verifikasi data. Kemudian analisis data kuantitatif meliputi statistik deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan 1) Evaluasi context menunjukkan bahwa tujuan program sudah memiliki relevansi dengan kebutuhan sekolah namun belum spesifik menargetkan peningkatan pembelajaran matematika. Evaluasi input menunjukkan bahwa sekolah sudah memiliki kesiapan SDM dan sarana prasarana bagi GLS dan diupayakan mendukung pengembangan koneksi matematika. Evaluasi process menunjukkan program GLS sudah dilaksanakan sesuai dengan tujuan, namun pelaksanaan program belum sepenuhnya mendukung pengembangan kemampuan koneksi matematika. Evaluasi product menunjukkan bahwa tujuan program GLS pada tahap pembelajaran sudah tercapai akan tetapi masih belum mampu mewadahi pengembangan kemampuan koneksi matematika. 2) Kemampuan koneksi matematika peserta didik tergolong rendah dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 57,7 dari 100. 3) GLS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik dengan nilai determinasi sebesar 0,082.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan koneksi matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 06 Nov 2024 13:46
Last Modified: 06 Nov 2024 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum